Annisaa Aulia 1401151362 Kelas MB-38-05


Rangkuman BAB 1

Dunia telah mengalami revolusi besar-besaran di bidang internet. E-commerce menjadi trend global pada tahun 2013 – 2014 karena munculnya banyak gadget dan media sosial yang menjadi wadah marketing e-commerce.

E-commerce merupakan proses transaksi atau jual beli online melalui internet antara penjual dan pembeli.

Sedangkan E-business adalah proses bisnis elektronik yang lebih luas lagi seperti e-learning.

Delapan fitur unik E-commerce adalah:
1. Ubiquity
2. Global reach
3. Universal standard
4. Information richness
5. Interactivity
6. Information density
7. Personalization
8. Social technology

Jenis E-commerce adalah:
1. B2B: Transaksi antara pelaku bisnis
2. B2C: Transaksi antara penjual (bisnis) dan pembeli (consumer)
3. C2C: Transaksi bisnis antar konsumen kepada konsumen lainnya
4. P2P: Pengguna internet saling berbagi file
5. M-commerce: perangkat digital untuk melakukan transaksi online

Model Bisnis E-commerce antara lain:
1. Value Proposition
2. Revenue Model
3. Market Opportunity
4. Competitive Environment
5. Competitive Advantage
6. Market Strategy
7. Organizational Development
8. Management Team

Harapan saya setelah kuliah ini adalah dapat memiliki bisnis online yang sukses dan dapat merekrut orang lain untuk menjadi partner bisnis saya.


Leave a Reply