Bella Riyanti_MB-38-02


E-commerce adalah proses menggunakan internet, web dan aplikasi untuk interaksi bisnis. e-commerce meliputi transaksi komersial digital yang dilakukan oleh organisasi atau individu.e-commerce memiliki fitur-fitur unik, seperti :
1. uniquity, yaitu berada dimana-mana atau dapat diakses dimanapun.
2. global reach, yaitu cepat berkembang dan mendunia
3. universal standart , yaitu memudahkan sistem komputer yang berbeda bisa berkomunikasi
4. richness, yaitu fitur yang menyediakan gambar, video dan teks.
5. interactivity, yaitu fitur yang bekerja pada fitur interaksi antar pengguna.
6. information density, yaitu peningkatan besar informasi atau total jumlah dan kualitas informasi yang ada.
7. personalization, yaitu teknologi yang memungkinkan memodifikasi pesan yang dapat di kirim kepasa individu lain.
8. social technology, yaitu teknologi ini menghubungkan pengguna dengan jaringan sosial.

ada 6 tipe e-commerce, yaitu :
1. B2C, meliputi penjualan bisnis kepada customer
2. B2B, meliputi penjualan bisnis kepada perusahaan
3. C2C, meliputi penjualan yang di lakukan seseorang kepada orang lain
4. social e-commerce,meliputi hubungan sosial secara online
5. m- commerce, meliputi penggunaan wireless digital device
6. local e-commerce, e-commerce yang fokus pada letak geografis si pengguna.

contoh interaksi komersial adalah model dari bisnis google seperti iklan, pencarian, gmail, android, google map dan youtube. beberapa produk bisnis google tersebut dapat menhasilkan pendapatan bagi google yaitu dari iklan yang muncul ketika penggguna mengakses produk-produk bisnis tersebut. selain itu, google juga mendapatkan pemasukan dari para user yang menyewa servernya untuk mendirikan sebuah bisnis. sehingga pendapatan akan terus mengalir selama perusahaan tersebut enggunakan google.

output yang saya harapkan dari mata kuliah ini adalah saya bisa memahami komponen apa saja yang ada pada e-commerce, mendapatkan nilai yang maksimal dan ilmu nya bisa saya bawa sampai dunia kerja nanti.


Leave a Reply