CitraKhairiyati_1401154549_MB3805


  1. Pengertian E-Commerce
    E-Commerce merupakan penggunaan Internet dan Web dalam melakukan transaksi bisnis dan E-commerce secara digital mampu mempermudah transaksi komersial antar organisasi dan antara organisasi dengan individu.

  2. Perbedaan E-Commerce dan E-Business
    E-Commerce menggambarkan proses pembelian, penjualan, pemindahan, pelayanan atau pertukaran produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer termasuk juga Internet. Sedangkan E-Business berkenaan dengan E-Commerce yang lebih luas lagi definisinya yaitu tidak hanya sekedar pembelian dan penjualan barang dan jasa namun juga pelayanan pelanggan, kerjasama antar business partner, pengadaan e-learning dan pengadaan transaksi elektronik antar suatu organisasi.

  3. 8 tujuh fitur unik dari teknologi E-Commerce
    a. Ubiquity : teknologi internet ada dimana-mana, seperti di tempat bekerja, rumah dan juga lewat telepon selular
    b. Global Reach : teknologi luas tanpa batas mengelilingi dunia
    c. Universal Standards : internet sebagai satu set standar teknologi
    d. Richness : video, audio, pesan teks terintegrasi
    e. Interactivity : teknologi bekerja melalui interaksi dengan pengguna
    f. Information Density : teknologi informasi dapat mengurangi biaya untuk meningkatkatkan Kualitas
    g. Personalization/ Customization : teknologi memungkinkan pesan pribadi disampaikan kepada individu atau kelompok
    h. Information rich

  4. Jenis E-Commerce
    a. Busines to Busines (B2B)
    B2B dapat diartikan sebagai sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis. Bentuk dari B2B dapat berupa transaksi Inter-Organizational System (IOS), misalnya transaksi extranet dan electronic funds transfer.
    b. Bussines to Consumer (B2C)
    B2C merupakan transaksi ritel dengan pembeli individual. Selain itu B2C juga dapat berarti mekanisme toko online (electronic shoping mall) yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer.
    c. Consumer to Consumer (C2C)
    C2C merupakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Dapat diartikan pula saat seorang individu yang mengiklankan produk barang atau jasa, pengetahuan, maupun keahliannya di web.
    d. Peer to Peer (P2P)
    Pengguna internet bias saling berbagi file dan sumber daya computer
    e. Mobile Commerce (M-Commerce)
    Perangkat digital digunakan untuk melakukan transaksi di Web ,dan dihubungkan oleh personal digital assistant (PDA). M-Commerce banyak digunakan di Jepang dan Eropa

  5. Internet merupakan jaringan interkoneksi dari ribuan jaringan dan jutaan komputer (komputer host atau hanya kadang-kadang disebut host) yang menghubungkan bisnis, lembaga pendidikan, instansi pemerintah, dan individu. Situs atau website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar, gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.

  6. Evolusi Internet 1961 – sekarang

  7. Fase Inovasi (1961-1974)
    Blok bangunan fundamental dari internet mulai dikonsep dan kemudian diwujudkan dalam perangkat keras dan perangkat lunak yang sebenarnya.
  8. Fase Kelembagaan (1975 – 1995)
    Disediakan dana dan legitimasi untuk internet
  9. Fase Komersialisasi (1995 – Sekarang)
    perusahaan swasta mengambil alih dan mengembangkan backbone dan layanan internet.

Yang saya dapat dari mata kuliah e-commerce ini adalah menjadi lebih mengerti tentang e-commerce, jadi tau bagaimana cara mengembangkan usaha melalui e-commerce dan menjadi termotivasi untuk membuka usaha e-commerce.


Leave a Reply