(Debita Ade Fadillah/1401154502) (MB 38-05)


<

p dir=”ltr”> Pengertian E-Commerce
E-commerce secara digital mampu mempermudah transaksi komersial antar organisasi dan antara organisasi dengan individu.

<

p dir=”ltr”> Perbedaan E-Commerce dan E-Business
E-Commerce: menggambarkan proses pembelian, penjualan, pemindahan, pelayanan atau pertukaran produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer termasuk juga Internet.
E-Business berkenaan dengan E-Commerce yang lebih luas lagi definisinya yaitu tidak hanya sekedar pembelian dan penjualan barang dan jasa namun juga pelayanan pelanggan, kerjasama antar business partner, pengadaan e-learning dan pengadaan transaksi elektronik antar suatu organisasi.

<

p dir=”ltr”> 7 tujuh fitur unik dari teknologi E-Commerce
a. Ubiquity : teknologi internet ada dimana-mana
b. Global Reach : teknologi luas tanpa batas mengelilingi dunia
c. Universal Standards : internet sebagai satu set standar teknologi
d. Richness : video, audio, pesan teks terintegrasi
e. Interactivity : teknologi bekerja melalui interaksi dengan pengguna
f. Information Density : teknologi informasi dapat mengurangi biaya untuk meningkatkan Kualitas
g. Personalization/ Customization : teknologi memungkinkan pesan pribadi disampaikan kepada individu atau kelompok

<

p dir=”ltr”>Jenis E-Commerce
a. Busines to Busines (B2B)
B2B dapat diartikan sebagai sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis.
b. Bussines to Consumer (B2C)
B2C merupakan transaksi ritel dengan pembeli individual.
c. Consumer to Consumer (C2C)
C2C merupakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya.
d. Peer to Peer (P2P)
Pengguna internet bias saling berbagi file dan sumber daya computer
e. Mobile Commerce (M-Commerce)
Perangkat digital digunakan untuk melakukan transaksi di Web ,dan dihubungkan oleh personal digital assistant (PDA).
5. Models Bisnis E-Commerce
Model bisnis adalah seperangkat kegiatan yang direncanakan (kadang-kadang disebut sebagai proses bisnis) yang dirancang untuk menghasilkan keuntungan di pasar.
Ada 8 element agar bisnis berkembang (Ghosh, 1998):
a. Value proposition
b. Revenue model
c. Market opportunity
d. Competitive environment
e. Competitive advantage
f. Market strategy
g. Organizational Development
h. Management team

<

p dir=”ltr”> Internet merupakan jaringan interkoneksi dari ribuan jaringan dan jutaan komputer (komputer host atau hanya kadang-kadang disebut host) yang menghubungkan bisnis, lembaga pendidikan, instansi pemerintah, dan individu.
Situs atau website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar, gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.

<

p dir=”ltr”>Yang ingin saya capai setelah matakuliah E-commerce yaitu saya dapat mengetahui cara dan tips untuk membuka bisnis online dan dapat pangsa pasar yang luas


Leave a Reply