Kelompok 4 MB38-02


Prawatya Anindita 1401150016Dimas Abiamja 1401150072
Gusti Ayu Putu Diah Puspitasari 1401150296
Dio Tutut K 1401150303

Google Analitycs
* Sudah di instal
Job Desk
– Dhimas :
* Offline Marketing : melakukan pemasaran menggunakan word of mouth dan media cetak seperti brosur, poster dll
– Danar :
* SEO
Promosi website yang dilakukan dengan mendaftarkan website ke search engine sebanyak mungkin. Dengan tujuan agar website muncul di halaman pertama atau kedua search engine agar dapat mudah ditemukan sesuai dengan keyword yang digunakan.
– Dio tutut:
* sosial mobile, mobile, dan local marketing, advertising ( memanfaatkan kegiatan kegiatan marketing mengandalkan sosial media)
*media sosial yang digunakan :
1. Line : melakukan share post dan penjabaran info tentang produk
2. Instagram : melakukan posting foto produk dan pembeli serta mencantumkan testimoni, dan mem post Endorsment

  • Diah :
  • affiliate marketing : melakukan kegiatan yang merefrensikan bisnis kami kepada orang lain dengan membayar pihak lain , perusahaan atau publik figur untuk mempromosikan produk kami lebih luas

Metrics
– Online Marketing Metrics adalah ukuran yang tujuan pemasaran tertentu. Laudon membagi metrik menjadi 2, yaitu yang fokus pada market share dan konversi pelanggan.

  • Ukuran yang fokus pada pencapaian market share adalah :
  • Impressions
  • Click-through rate (CTR)
  • View through rate (VTR)
  • Hits
  • Page view
  • Stickiness (duration)
  • Unique visitors
  • Loyalty
  • Reach
  • Recency

Metrik yang fokus pada konersi pengunjung menjadi pelanggan adalah
– Acquistion rate: persentase pengunjung yang berminat terhadap produk
– Conversion rate: persentase dari jumlah pengunjung yang benar-benar melakukan pembelian
– Browse to buy ratio: menghitung jumlah pembelian yang telah di liat
– View to cart ratio: mmenghitung jumlah ratio pengklikan ad to cart dari barang yg telah di liat
Cart conversion rate: menghitung jumlah ratio pembelian dari ad to cart
-Checkout conversion rate: menghitung jumlah pembelian sampai ke tahap check out
-Abandonment rate: menghitung persentase pembeli yg sudah masuk ke tahap ad to cart tapi gagal melakukan pembelian dan meninggalkan web
-Retetion rate: menghitung jumlah konsumen yan ada yang melakukan pembelian ulang
Attrition rate menghitung persentasi pelanggan yang telah membeli dan tidak kembali ke web selama satu tahun

Online Marketing Metric, Social marketing:
-Conversation ratio
-Applause ratio
-Amplification
-Sentiment ratio

E-mail metrics:
-Open rate
-Delivery rate
-Click-through rate (e-mail)
-Bounce-back rate

Kesimpulan:
Metrik yang paling berpengaruh besar terhadap bisnis kami yaitu online shop (revenue model = sales dan advertising) adalah :
– Loyalty, persentase kesetiaan pengunjung yang kembali dalam setahun
Stickiness, berapa lama pengunjung berada di situs web
– Unique visitors, ukuran popularitas situa web yang paling banyak digunakan
– Recency, kekuatan situs web untuk menarik pangsa pasar yang luas
– VTR, mengukur tingkat respon 30 hari setelah melihat iklan


Leave a Reply