Kelompok 8 MB 38 08


Kelompok 8 MB 38 08
Gustiana Ayuni Putri
Ighfa Fahira Yudasella
Aisyah Nur Amimi
Aulia Salsabila

  1. Pada web kami sudah terpasang Google Analytics yang terpampang di beranda web

  2. Ighfa Fahira:
    Lead Generation Marketing
    Dengan menyediakan template pop-up printable gratis. Contoh templatenya adalah pop-up calendar, pop-up box, dan paper craft lainnya.
    Caranya adalah:

  3. Printable template diupload ke website
  4. Official account & instagram mempromosikan free template yang akan dibagikan secara gratis. Namun dengan syarat, netizen harus melakukan like & share postingan tersebut atau repost instagram story. Dari sini diharapkan jangkauan sosial media kami lebih meluas ke orang-orang baru.
  5. Setelah netizen melakukan like & share postingan di official account atau repost instagram story, barulah kami beri link website kami yang berisi free template tersebut. Jadi, sebenarnya link tersebut bisa diakses siapapun. Namun bagi netizen yang belum mengetahui tata cara mendapatkan free template, cara ini bisa dibilang cukup efektif.

Gustiana Putri:
SEO (Search Engine Optimization)
Dengan cara membuat artikel tips & trick membuat handcraft / papercraft. Judul & isi konten harus dioptimasikan dengan keyword populer berdasarkan Google Trends.

Aisyah Nur Amimi & Aulia Salsabila:

Social, media, local marketing, and advertising.

Pada marketing ini, kami melakukan penasaran produk menggunakan media sosial Instagram, Line@, dan website.
* Pada Instagram, kami akan melakukan paid promote dengan akun online shop/celebgram yang mempunyai pengikut kurang lebih 10k. kami akan menggugah foto produk beserta harga produknya. Kemudian kami akan menggunakan hashtag, yang memudahkan konsumen dalam mencari produk yang mereka butuhkan. Dengan instagram juga kami membuka customer service, dimana konsumen dapat bertanya langsung perihal produk, harga atau kostumisasi yang ingin diketahui lebih lanjut oleh konsumen.
* Untuk media sosial Line@, kami akan melakukan marketing dengan cara paid promote dengan akun Line@ yang mempunyai banyak pengikut (kurang lebih 10rb pengikut). Kemudian kami juga akan membagikan tautan/kontak Line@ kami kepada orang – orang terdekat. Cara kerja Line@ umumnya hampir sama dengan Instagram. Konsumen dapat melihat produk yang kami jual beserta harganya. Customer service juga kami berikan pada media sosial ini, namun perbedaannya adalah Line@ digunakan untuk konsumen yang ingin memesan produk. Misalkan, konsumen yang sudah bertanya perihal produk dan harganya, lalu ingin membeli produk tersebut kami arahkan untuk melanjutkan komunikasi di Line@. Singkatnya, Line@ digunakan untuk sistem fix order.
* Untuk website, sama seperti halnya Instagram dan Line@, kami menggunggah produk dan harga. Kami juga memberikan layanan customer service untuk konsumen. Konsumen dapat dipermudah proses pembelian produk melalui website. Konsumen dapat langsung memilih produk dan menambah ke keranjang di website untuk dilanjutkan ke transaksi pembelian. Marketing website dilakukan dengan bantuan Instagram dan Line@. Pada profile Instagram kami, yaitu @imomentime kami menambahkan link website kami yaitu http://momentimeid.com. Begitu pula dengan Line@, pada setiap postingan atau broadcast message yang kami buat, kami menambahkan tautan website kami.

  1. Resume online marketing metrics lexicon

Resume online marketing metrics lexiconUntuk menambah ketertarikan customer terhadap perusahaan, dapat dilakukan berbagai cara berikut adalah Marketing lexicon yang dapat digunakan untuk online marketing:

  1. Commom marketing display at metrics
    -impressions : jumlah berapa kali ad ditampilkan
    -click through rate (CTR) : persentase ad di click
    -view through rate ( VTR) : persentasi ad tidak di click
    -hits : jumlah http di request
    -page views : jumlah page dilihat
    -stickiness ( duration) : rata-rata waktu stay di page
    -unique visitors : jumlah unique visitors selama periode itu
    -loyalty : mengukur variasi page view
    -reach : persentase potential buyer
    -recency : time elapsed sejak act terakhir customer
    -acquisition rate : persentase visitor yg terindikasi tertarik dengan produk web
    -conversion rate : persentase visitor yang jadi customer
    -browse to buy ration : rasio item yang dibeli terhadap item yang dilihat
    -view to cart ratio : rasio add to cart terhadap item yang dilihat
    -cart conversion rate : rasio order terhadap add to cart
    -checkout conversion rate : rasio order terhadap checkout
    -abandonment rate : rasio customer yang tidak jadi beli
    -retention rate : persentase customer yang beli ulang dalam waktu regular
    -attrition rate : persentase customer yang tidak melakukan pembelian ulang

2.social marketing metrics
-gross rating points
-applause ratio : jumlah likes per post
-conversation ratio : rasio jumlah comment per post
-amplication : jumlah share per post
-sentiment ratio : rasio komentar positif
-duration of engagement : average time on site

3.. Email metrics
-open rate : persentase penerima yang membuka email
-delivery rate : persentase penerima yang menerima email
-click through rate (email) : persentase penerima yang mengklik penawaran
-bounce back rate : persentase email yang tidak bisa dikirim
-unsubscribe rate : persentase penerima yang unsubsribe
-conversion rate (email) : persentase penerima yang membeli


Leave a Reply