M. Fajar J_Profesional-3_2401160064 MM. E-MARKETING PLANE

A. PROFIL PERUSAHAAN

Visvalbags adalah sebuah perusahaan yang menjual tas sebagai produk pemasaran utamanya di seluruh Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Visval juga memproduksi produk lain seperti baju, sepatu, dompet, dan jaket. Beridiri pada tahun 2014, perusahaan ini awalnya berdiri sebagai perusahaan jenis Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sejak awal tahun 2017, status hukum ini berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan naman PT. Niaga Karya Kreatif.

Nama Visval diambil dari kata Visual. Kata ini diambil sesuai dengan visi Visval itu sendiri yaitu menjadikan tas tidak hanya sebagai alat pembawa barang biasa atau sebagai pelengkap tetapi juga sebagai alat pembawa memori yang bisa menemani aktifitas sehari-hari dan menjadi bagian dari fesyen para penggunanya. Beralamat di Jalan Arcamanik Endah no. 20, Bandung, Visval memulai perusahaannya dengan menjual produknya secara online yaitu di media social seperti instagram dengan nama akun visvalbags dan di situs yang dimilikinya yaitu www.visvalbags.com, pada tahun 2017 juga Visval sudah membuka toko offline yaitu di Jalan Arcamanik Endah no. 2, Bandung.

B. 7 STEP E-MARKETING PLAN

  1. Situation Analysis

Melakukan review dari faktor-faktor lingkungan perusahaan dari mulai melakukan review dari tujuan e-business perusahaan, strategi dan pengukuran performance.

Pada perusahaan Visval ini tujuan e-business tentunya adalah menjadi salah satu brand tas terkenal di seluruh Indonesia. Strategi perusahaan yang selama ini Visval untuk melakukan hal tersebut adalah dengan melakukan iklan di Instagram maupun facebook yang langsung terhubung dengan website e-commerce yaitu www.visvalbags.com . Selanjutnya untuk pengukuran performance tentunya nama merek visvalbags harus dikenal di seluruh Indonesia dan tentunya ketika nama telah dikenal oleh banyak orang dan menjadi kepercayaan bagi semua orang akan menghasilkan profit ke-untungan untuk mencapai taget angka di 2 miliar per-bulan.

  1. E-Marketing Strategies

a. Segmentation adalah seluruh kota-kota di Indonesia dan konsumennya orang-orang yang mempunyai kegiatan sehari-hari dari mulai kegiatan sekolah, kantor dan travel.

b. Targeting adalah dari remaja awal sampai remaja akhir di umur 17-35 tahun. Target market adalah tas dengan harga menengah dengan kisaran harga Rp. 200.000- sampai dengan Rp. 300.000,-

c. Differentiation adalah barang yang kuat dan mempunyai banyak ruang dalam tas sehingga cukup untuk kegiatan travel, sekolah, dan kantor

d. Positioning adalah remaja yang mempunyai gaya fashion dari design yang urban, casual, dan vintage

  1. Objectives

Mengidentifikasikan tujuan umum dari strategi e-business

  • Task (apa yang harus dilakukan) adalah dengan melakukan iklan-iklan online di seluruh kota di Indonesia dari mulai iklan social media hingga marketplace

  • Jumlah yang dapat diukur penjualan meningkat dan pengiriman barang penjualan ke seluruh kota Indonesia

  • Durasi waktu 1 tahun

  1. Strategi

Komunikasi Marketing untuk Visvalbags adalah dengan menciptakan brand awareness dari mulai :

  • Menginformasikan kepada calon pembeli tentang produk visvalbags yang di jual seperti apa dan mengapa mereka harus membeli produk visvalbags.

  • Memperkenalkan citra perusahaan, merek visvalbags

  • Meningkatkan penjualan produk dengan cepat dan tepat demi meningkatkan profit perusahaan

  1. Implementation Plan dan Budget

Marketing Mix

a. Product yang dibuat Visvalbags adalah tas yang kuat dan Visval berusaha untuk menciptakan sesuatu produk dengan sangat baik yang terinspirasi dari semangat kehidupan perkotaan, travel, eksplorasi, dan petualangan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga visvalbgas berusaha untuk menemani aktivitas anda untuk mencapai tujuan dan cita-cita (tagline:”carry your story”)

b. Price atau harga yang cocok untuk visval di kelas menengah adalah Rp.200.000,- sampai dengan Rp.300.000,- seusai dengan kalangan pelajar, pekerja, dan traveler

c. Place atau tempat, Visvalbags dapat bekerjasama dengan toko-toko di setiap kota untuk memasarkan produknya. Contoh bekerjasama dengan matahari mall untuk menitipkan produk-produknya sehingga mengurangi efesiensi biaya pembuatan toko.

d. Promosi adalah dengan melakukan google trends tentang tas, google ads, promosi social media atau ads, messenger blas, marketplace. Sebelum melakukan hal ini Visvalbags harus melakukan riset pada jam-jam berapa banyak orang melihat setiap aplikasi social media atau e-commerce sehingga ketika mengeluarkan iklan pada setiap platform banyak orang yang melihatnya agar dapat terjadinya transaksi dan brand awareness yang baik.

e. Partisipant. Orang-orang yang bisa di ajak kerjasama atau enderosment adalah kalangan selebriti yang mempunyai fashion tinggi sehingga dengan mudah dapat mempengaruhi para penggemarnya. Selain itu juga mengajak kerjasama dengan perusahaan lain dari mulai Matahari mall sampai dengan Sogo dalam memasarkan produknya. Hal ini dapat meng-efesiensi biaya pemasaran karena setiap artis mempunyai follower yang cukup banyak dan department store mempunyai banyak tempat yang strategis di setiap kota dengan itu dapat mengurangi biaya pemasaran maupun pembuatan toko.

f. Proses. Visvalbags dapat memberikan garansi tas kepada konsumen dengan jangka waktu yang cukup panjang sekitar 1 tahun. Visvalbags juga dapat memberikan diskon kepada konsumen kepada pembeli yang pernah membeli produk visval dengan menunjukan struk atau bukti transfer sehingga dapat menciptakan loyalitas pada konsumen.

g. Phsyical Evidence. Visvalbags dapat melakukan aktivasi toko onlinenya dengan memberikan diskon kepada setiap id-instagram yang menampilkan lambing visval pada setiap profil picture. Selain itu juga dapat melakukan aktivasi toko dengan setiap pengunjung yang melakukan foto di toko offline akan mendapatkan undian berhadiah

  1. Evaluation Plan

a. Penentuan Balance Score Card atau Key Performance Indicator yang tepat dan pencapaian skor yang tinggi tentunya akan menimbulkan keuntungan yang sempurna bagi perusahaan selam semester atau tahun.