NezaNurulA_MB38-02


  1. Perbedaan E-commerce dan E-business

E-commerce melibatkan transaksi komersial yang memungkinkan secara digital antara organisasi dan individu. Transaksi yang diaktifkan secara digital mencakup semua yang dimediasi oleh teknologi digital, yang berarti, untuk sebagian besar, transaksi yang terjadi melalui Internet, Web, dan / atau melalui aplikasi seluler. Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (mis., Uang) di seluruh organisasi atau imbalan atas produk atau layanan.

E-bisnis mengacu pada digital yang memungkinkan transaksi dan proses dalam sebuah perusahaan, yang melibatkan sistem informasi yang berada di bawah kendali perusahaan. Untuk sebagian besar, e-business tidak melibatkan transaksi komersial antar organisasi.

  1. Fitur Unik E-Commerce

a. Ubiquity-tersedia hampir di manapun dan kapanpun
b. Jangkauan global-memungkinkan transaksi komersial lintas budaya dan nasional
c. Standar universal – dimiliki oleh semua negara di seluruh dunia, berbeda dengan kebanyakan negara dengan eknologi perdagangan tradisional, yang berbeda dari satu negara ke negara lainnya.
d. Kekayaan – memungkinkan seorang pedagang online mengirimkan pesan pemasaran dengan cara tertentu
e. Interaktivitas – memungkinkan komunikasi dua arah antara pedagang dan konsumen dan memungkinkan pedagang untuk melibatkan konsumen.
f. Kerapatan informasi – adalah jumlah dan kualitas informasi yang tersedia. Semua pelaku pasar Internet mengurangi pengumpulan informasi, penyimpanan, pengolahan, dan biaya komunikasi sambil meningkatkan mata uang, akurasi, dan ketepatan waktu informasi.
g. Personalisasi dan penyesuaian – peningkatan kepadatan informasi memungkinkan pedagang untuk menargetkan pesan pemasaran mereka kepada individu dan hasil tertentu
h. Teknologi sosial – menyediakan model komunikasi massa yang banyak-ke-banyak.

  1. Tipe E-commerce

Ada lima jenis utama e-commerce:
a. B2C e-commerce melibatkan bisnis yang menjual ke konsumen
b. B2B e-commerce melibatkan bisnis yang menjual ke bisnis lain
c. C2C e-commerce adalah sarana bagi konsumen untuk saling menjual.
d. E-commerce sosial adalah e-commerce yang dimungkinkan oleh jaringan sosial dan online
e. M-commerce melibatkan penggunaan perangkat digital nirkabel untuk memungkinkan transaksi online.
f. E-commerce lokal adalah bentuk e-commerce yang berfokus pada keterlibatan konsumen berdasarkan lokasi geografisnya saat ini.

  1. Faktor yang memengaruhi e-commerce pada masa depan
    Faktor-faktor yang akan menentukan masa depan e-commerce adalah sebagai berikut:
    a. Teknologi e-commerce (Internet, Web, dan platform mobile) akan erus berkembang melalui semua aktivitas komersial
    b. Perusahaan Fortune 500 yang sukses dan berpengalaman akan terus berlanjut untuk memainkan peran yang dominan.
    c. Jumlah perusahaan online murni yang sukses akan terus menurun
    d. peraturan Internet dan e-commerce oleh pemerintah akan tumbuh baik di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Output yang ingin saya dapatkan adalah saya ingin memahami bagaimana cara saya agar saya dapat mengambil peluang sehingga mendapatkan keuntungan dari adanya e-commerce ini. mendapatkan trik dan tips dalam menjalankan e-commerce,


Leave a Reply