Rizaldyan Mulyo Hartono / 1401150073 / MB – 38 – 08


E-Commerce mulai berkembang di tahun 2003 dimana terjadi beberapa perubahan di bidang Business, Technology dan social.

Di dalam bisnis mulai berubah ketika konsumen e-commerce meningkat. Perkembangan e-commerce lebih dominan pada kegiatan perjalanan, informasi, tempat transaksi, hiburan dan retail.Di dalam teknologi juga berkembang pesat ketika koneksi internet berkembang pesat, penggunaan internet semakin banyak, dan memperluas peluang bisnis to bisnis/ B2B.

Di bidang sosial ada manajemen konflik atas hak cipta, pajak, dan hasil penjualan online semakin banyak.

E-Commerce adalah proses transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. atau dapat diartikan juga proses berbisnis memakai teknologi elektronik.
E-Bussiness adalah E-Commerce yang lebih luas lagi, tidak hanya pembelian dan penjualan saja namun pelayanan pelanggan, kerjasama, pengadaan e-learning, dan pengadaan transaksi elektronik antar suatu organisasi

Karakteristik E-Commerce : Cakupan Luas, Proses transaksi cepat, dapat mendorong kreatifitas, pendistribusian informasi periodik, menciptakan efisiensi yang tinggi, meningkatkan kepuasan pelanggan, pelayanan cepat, mudah, aman, dan akurat

7 Fitur E-commerce
1. Ubiquity yaitu teknologi internet ada dimana-mana : ditempat bekerja, rumah dan juga lewat telepon selular
2. Global Reach : teknologi luas tanpa batas mengelilingi dunia
3. Universal Standards : internet sebagai satu set standar teknologi
4. Richness : video, audio, pesan teks terintegrasi
5. Interactivity : teknologi bekerja melalui interaksi dengan pengguna
6. Information Density : teknologi informasi dapat mengurangi biaya untuk meningkatkan kualitas
7. Personalization/Customization : teknologi memungkinkan pesan pribadi disampaikan kepada individu atau kelompok

Tipe Tipe E-commerce
1. Bussiness to Consumer (B2C)
2. Bussiness to Bussiness (B2B)
3. Consumer to Consumer (C2C)
4. Peer to Peer (P2P)
5. Mobile Commerce (M-Commerce)

Yang Saya Inginkan Dari E – Commerce
Saya ingin ilmu yang saya dapatkan di mata kuliah e – commerce ini dapat di implementasikan ke proses bisnis yang saya akan jalani, dan dapat manfaat baik. dan bisa mengimplementasikan ilmu ini untuk berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

-Rizaldyan MH-


Leave a Reply