Uncategorized

Tugas Kelompok 5 MB38-02

Resume Chapter 7

Kelompok 5

Nama anggota :

Nada Khoiriyyah 1401150322

Ilmi Fitri 1401150345

Afna Dalilah 1401150352

Balqis Zulfa Azizah 1401152663

E-commerce Marketing Communications

Terdapat social, mobile, local marketing yang dapat memperkuat sebuah brand dan membuat brand terkoneksi dengan baik. Goals dari social marketing dan traditional marketing berbeda, goals dari social marketing yaitu untuk merangkul konsumen agar menjadi pengikut yang terlibat dan berinteraksi, dapat memperkuat merk dengan meningkatkan penyebaran komunikasi online. Goals Tradisional marketing mengirimkan pesan bisnis ke konsumen.

Terdapat 5 tahap proses social marketing :

  • Fan Acquisition

  • Engagement

  • Amplification

  • Community

  • Brand Strength (sales)

Facebook Marketing Tools :

  • Marketplace Ads

  • News Feed

  • Brand Pages

  • Promoted Posts

  • Sponsored Stories

  • Like Button

  • Mobile Ads

  • Facebook Exchang

Twitter Marketing Tools :

  • Promoted Tweets

  • Promoted Trends

  • Promoted Accounts

  • Enhanced Profile Page

  • Amplify

  • Television Ad Retargeting

  • Lead Generation Cards

Analytics tools untuk Twitter :

  1. Twitter’s real-time dashboard

  2. Twitter’s Timeline activity dashboard

  3. Third-party tools : TweetDeck, Twitalyzer, BackTweets

Tools Marketing Pinterest :

  • Pin It and Follow buttons

  • Pin as display ad

  • Theme-based (lifestyle boards)

  • Brand pages

  • URL link to stores

  • Retail brand Pins

  • Integration with other social sites

  • Network with users, followers, others

Fitur Mobile Marketing :

  • Personal communicator and organizer

  • Screen size and resolution

  • GPS location

  • Web browser

  • Apps

  • Ultraportable and personal

  • Multimedia capable

Mobile marketing formats :

  • Search ads

  • Display ads

  • Video

  • Messaging: SMS text messaging with coupons or flash marketing messages

  • Others: e-mail and sponsorships

Marketing Tools Berbasis Lokasi :

  • Layanan berbasis lokasi

  • Navigasi pribadi, point-of-bunga, ulasan, teman-finder, keluarga-tracker

  • Format iklan pemasaran lokal

  • Format yang sama sebagai marketing desktop yang

  • Display, SMS, video, pencarian

Zelda Wildhania Basuki 1401154534 MB 38 – 02

Zelda Wildhania Basuki

1401154534

Mb 38 – 02

Target saya sebagai pemegang Instagram dan Whatsapp

  • 8 November 2017
  1. Memposting 3 updates terbaru di ig, 2 produk 1 promosi pembukaan
  2. Menyebarkan nomer WA ke seluruh pemasaran
  3. Mendapatkan 10 followers di Instagram
  • 9 November 2017
  1. Posting artikel 3 di insta story
  2. Posting 3 harga promo pada insta story
  3. Mencari produk – produk terbaru untuk dijual nantinya
  • 10 November 2017
  1. Mempromosikan 3 produk pada Whatsapp
  2. Membuka konsultasi pada Whatsapp selama 24 jam
  • 11 November 2017
  1. Mendapatkan 10 likes pada update-an terbaru
  2. Meningkatkan 10 followers
  3. Memfollow 10 online shop lain
  • 12 November 2017
  1. Share 3 informasi pada Insta Story
  2. Memposting 3 produk terbaru
  3. Membuat polling pada insta story tentang produk apa yang diinginkan customer kedepannya
  • 13 November 2017
  1. Mencari untuk endorse mempromosikan media sosial
  2. Memposting 3 harga promo banting harga dengan tenggang waktu 24 jam
  • 14 November 2017
  1. Upload 5 informasi terbaru seputar kecantikan pada insta story
  • 15 November 2017
  1. Melakukan evaluasi terhadap penjualan selama seminggu.
  2. Menyusun strategi baru atau perbaikan untuk minggu selanjutnya
  3. Polling 3 produk untuk pemilihan customer pada insta story

Tugas Individu (MB-38-02)

Shella Lorensya (1401154485)memegang Line@ : mengupload informasi mengenai produk terbaru, mengupload informasi mengenai tips – tips, dan menjalin komunikasi dengan customer.

Konsultasi selama jam kerja setiap hari di line@

-9 November 2017
1. Melakukan broadcasting dan posting pada home Line@
2. Membuat konten untuk promosi melalui media sosial Line@.

-10 November 2017
3. Mengupload foto barang (skincare)
4. Upload pembukaan order di media sosial (line@)

  • 11 November 2017 (shella)
  1. Share informasi mengenai tips".
  2. Mengupload foto barang

-12 November 2017
3. Menggencarkan informasi
4. Menambahkan keyword

-13 November 2017

  1. upload produk (makeup)

-14 November 2017

  1. share ke promo discon ke visitor line@

Dengan melakukan marketing melalui Line@ menargetkan tambahan 25 visitor

Jobdesc Individu

Finda Nestria J.1401154499
MB3802

Bertugas menghandle website

11 November 2017
– Mengupload katalog produk
– Menjalankan komunikasi dengan customer

13 November 2017
– Mengupload artikel mengenai informasi produk – produk baru
– Menjalankan komunikasi dengan customer

14 November 2017
– Mengupload artikel tentang tips – tips kecantikan
– Menjalankan komunikasi dengan customer

15 November 2017
– Mengupdate katalog produk
– Menjalankan komunikasi dengan customer
– Mengevaluasi agar kesalahan tidak terulang lagi dan memperbaiki strategi yang telah ada.

Target : dapat memposting 5 artikel dalam satu minggu, mengupdate katalog produk 2x dalam satu minggu, mendapatkan 50 viewers dalam satu minggu.

Tugas kelompok

Tugas Kelompok 3:
Nama anggota: Anwar Rasyid Lubis 1401144354
Novaya sheila 1401144416
Rian Darmawan 1401144332
Suci trisno putri 1401144409
Wa Ode Rizky M.S 1401144420
Kelas : MB-38-02

Sosial, mobile, dan local digital marketing adalah penguatan brand dan membuat brand terkoneksi. Social marketing berbeda jauh dengan traditional online marketing. Tujuan traditional online marketing adalah untuk memberikan pesan mengenai bisnis kita kepada visitor sebanyak-banyaknya untuk memperbesar kemungkinan visitor untuk membeli produk kita di website, sementara itu social marketing bertujuan untuk mengajak konsumen potensial untuk menjadi langganan atau penggemar produk kita dan terhubung dengan bisnis kita dengan melakukan percakapan.
5 tahap proses social marketing:
– Fan Acquisition
– Engagement
– Amplification
– Community
– Brand Strength
Tools dalam marketing di sosial media Facebook:
1. Marketplace Ads
2. News Feeds
3. Brand Pages
4. Promoted Post
5. Sponsored Stories
6. Like Bottom
7. Mobile Ads
Langkah pemasaran sosial :
Fan Acquisition > Engagement > Amplification > Community > Sales
Facebook marketing tools :
1. Iklan marketplace
2. News feed
3. Merek pages
4. Cerita sponsor
5. Iklan mobile
Facebook alat analisis :
1. Halaman facebook insight
2. Sistem manajemen media sosial
3. Google Analytics
Marketing tools twitter :
1. tweet dipromosikan
2. trend dipromosikan
3. promosi akun
Mengukur hasil pemasaran twitter :
1. Mirip dengan facebook
2. alat pihak ketiga (tweetdeck, twitalyzer)
Fitur pinterest :
1. pin dan re-pin untuk papan
2. Share
3. Link URL
Pinterest marketing tools :
1. Halaman merk
2. Integrasi dengan situs lainnya
3. URL link ke toko – toko
Kelemahan Pemasaran Sosial
1. Kehilangan kendali
2. Materi tidak akurat
Mobile marketing :
1. Pertandingan
2. Email dan pesan teks
3. Kode QR
Fitur mobile marketing :
1. Lokasi GPS
2. Aplikasi
3. Web browser
Platform Pemasaran Berbasis Lokasi
1.Google
2. Android OS, Google Maps, Google Places, AdMob, AdWords
3. Facebook
4. Apple
5. Kericau
Lainnya: YP, Pandora, Millenial
Berbasis Lokasi Mobile Marketing Teknologi
– Dua jenis teknik pemasaran berbasis lokasi
1. teknik geo-aware
Mengidentifikasi lokasi pengguna’s perangkat dan sasaran iklan, merekomendasikan tindakan dalam jangkauan
2. teknik geo-fencing
Mengidentifikasi perimeter sekitar lokasi dan menargetkan iklan dan rekomendasi dalam perimeter yang
mengidentifikasi lokasi
sinyal GPS
lokasi sel-menara
lokasi Wi-Fi
Pengukuran marketing di Facebook:
-Fan acquisition diukur dari seberapa banyak impression.
-Engagement dilihat dari conversation rate.
-Amplification dilihat dari reach
-Community dilihat dari interaction rate dengan konten yang di lihat setiap bulan
Mobile marketing
adalah alat marketing yang memanfaatkan perangkat mobile atau smartphone.
Mobile Marketing Yang Efektif
1. Ditempatkan dalam aplikasi yang populer.
2. Dikategorikan sesuai konten aplikasinya, misalkan games adventure, games arcade dll.
Multiplatform
Masyarakat biasa menggunakan lebih dari 1 gadget/platform, karena itu masyarakat bisa melihat iklan yang muncul di tv dan iklan tersebut dapat diakses pada browser yanh ada di smartphone. Hal ini sangat menguntungkan karena iklan bisa dilihat lebih dari satu kali oleh setiap orang karena banyak orang yang menggunakan lebih dari 1 gadget/platform.
Fitur Mobile Marketing
1. Bisa melakukan komunikasi secara personal
2. Gps
3. Web browser
4. Aplikasi
5. Screen size and resolution
MOBILE MARKETING FORMAT
– iklan dalam pencarian
– display ads, pop up ads
– sms penawaran produk atau voucher
– penawaran produk atau voucher melalui email

Resume Kelompok 6 MB 38-02

Satria efendi 1401154226
Mukti bawono 1401154128
Riviali Juli Alamanda AH 1401154415
Neza Nurul A 1401154406

Resume Chapter 7 marketing

Sosial, mobile, dan local digital marketing adalah penguatan brand dan membuat brand terkoneksi. Social marketing berbeda jauh dengan traditional online marketing. Tujuan traditional online marketing adalah untuk memberikan pesan mengenai bisnis kita kepada visitor sebanyak-banyaknya untuk memperbesar kemungkinan visitor untuk membeli produk kita di website, sementara itu social marketing bertujuan untuk mengajak konsumen potensial untuk menjadi langganan atau penggemar produk kita dan terhubung dengan bisnis kita dengan melakukan percakapan.

5 tahap proses social marketing:

– Fan Acquisition

– Engagement

– Amplification

– Community

– Brand Strength

Tools dalam marketing di sosial media Facebook:

Marketplace Ads
News Feeds

Brand Pages

Promoted Post

Sponsored Stories

Like Bottom

Mobile Ads

Pengukuran marketing di Facebook:

-Fan acquisition diukur dari seberapa banyak impression yang didapatkan

-Engagement dilihat dari conversation rate yang ada.

-Amplification dilihat dari reach yg didapatkan

-Community dilihat dari interaction rate dengan konten yang di lihat setiap bulan pada komunitas

Multiplatform

Masyarakat biasa menggunakan lebih dari 1 gadget/platform, karena itu masyarakat bisa melihat iklan yang muncul di tv dan iklan tersebut dapat diakses pada browser yanh ada di smartphone. Hal ini sangat menguntungkan karena iklan bisa dilihat lebih dari satu kali oleh setiap orang karena banyak orang yang menggunakan lebih dari 1 gadget/platform.

Fitur Mobile Marketing

Bisa melakukan komunikasi secara personal
Gps

Web browser

Aplikasi

Screen size and resolution

MOBILE MARKETING FORMAT

– iklan dalam pencarian

– display ads, pop up ads

– sms penawaran produk atau voucher

– penawaran produk atau voucher melalui email

Local marketing:

1.Location based marketing target marketingnya berbasis lokasi mereka.
2. Location base service menyedikan service berdasarkan lokasi yg menyediakan jasa.

Balqis Zulfa Azizah, MB38-02, Kelompok 5

Tugas : Mengelola Marketing di Sosial Media Instagram @undergoodss

Target :

  1. Meningkatkan followers minimal 50 lebih banyak setiap minggunya

  2. Jumlah impressions sebanyak minimal 200 akun pada setiap story instagram @undergoodss

  3. Jumlah viewers sebanyak minimal 100 akun pada setiap story instagram @undergoodss

  4. Jumlah replies minimal 2 pada setiap story instagram @undergoodss

  5. Jumalah swipes maksimal 5 akun pada story instagram @undergoodss

  6. Terjadi transaksi penjualan minimal 10 transaksi pada setiap minggunya

  7. Setiap post memiliki minimal 50 likes

  8. Setiap post instagram memiliki minimal 10 comments

  9. Memiliki minimal 500 impressions pada setiap post

  10. Memiliki minimal 200 reach pada setiap post

  11. Mendapatkan minimal 100 engagement pada setiap post

Aktifitas untuk mencapai target :

Kamis : Membuat postingan di Instagram dengan konten yang menarik minimal 2 posts menggunakan hastag dan keyword

Jumat : Membuat story di Instagram minimal 3 story untuk melakukan promosi produk, membuat postingan minimal 1 post

Sabtu : Membuat story di Instagram minimal 5 story pada pukul 15.00, 17.00, 19.00, 20.00 dan 21.00

Minggu : Menggunakan aplikasi autofollow untuk memfollow akun akun yang terikat dengan produk kami (contohnya user yang mem-follow akun pesaing kami seperti FJB Telkom, ini dilakukan agar user dapat melirik profil kami. Kami memiliki asumsi bahwa user mem-follow FJB Telkom berdasarkan kebutuhan user akan barang second)

Senin : Membuat 3 postingan instagram yang menarik dengan hastag yang berkaitan dengan produk

Selasa : Membuat story instagram minimal 2 pada pukul 18.00-19.00 dengan hastag yang berkaitan, agar mendapatkan banyak impression

Rabu : Memposting foto minimal 3 dan story instagram minimal 2 dengan menggunakan hastag yang menarik

Balqis Zulfa Azizah, MB38-02, Kelompok 5

Tugas Individu

Tugas Individu
Mb-38-02, kelompok 3
Nama: Wa Ode Rizky Mahdyanti S(1401144420)
Tugas: Mendapatkan 20 view dalam seminggu
Aktivitas:
1. Mengupload produk-produk baru dalam website
2. Memberikan diskon untuk memberikan kesempatan pada semua konsumen 3. Memberikan informasii mengenai produk terbaru
4. Mereview hasil tiap senin dan membuat perbaikan

Kamis: Melakukan posting produk
Jumat: Posting 2 artikel di FB
Sabtu: Memasukan contoh-contoh produk luxury hijab
Minggu: Istirahat
Senin: Melakukan review produk
Selasa: Melihat berapa pengunjung website dari facebook
Rabu: Melakukan perbaikan pada tiap rabu

Afna Dalilah 1401150352 | MB38-02

Nama : Afna Dalilah

Kelompok : 5

Kelas : MB 38-02

Target :

  1. Meningkatkan viewers pada page produk min 50 view per page di setiap minggunya

  2. Menaikkan situs ranking website kami minimal naik 10 peringkat di google setiap minggunya sampai akhirnya website kami ditampilakan dihalaman utama pencarian google.

Caranya :

Mengupload produk terbaru ke dalam website. Menganalisis google analytics yang digunakan pada web untuk mendapatkan hasil target view di setiap minggunya. Merekap hasil penjualan dan peningkatan di setiap akhir minggunya. Melakukan perbaikan pada website apabila diperlukan.

Kamis : mendaftarkan website di http://uptopromo.co.id/ dalam membantu dalam menaikkan situs ranking website kami di google

Jumat : melakukan promosi di setiap media sosial yang dimiliki oleh anggota kelompok.

Sabtu : melakukan research keyword apa saja yang sering dicari oleh konsumen yang berkaitan dengan produk yang kami jual

Minggu : membuat artikel yang berkaitan dengan hasil research keyword sebelumnya minimal 2 artikel untuk posting di web

Senin : menyebarkan artikel yang telah dibuat di setiap modia sosial yang dimiliki anggota kelompok dan mencantumkan link website kami

Selasa : melakukan pengecekan terhadap hasil view pada page produk di google analytics

Rabu : melakukan penerapan optimasi dan melakukan perbaikan apabila diperlukan