Uncategorized

TUGAS SIM_Kelompok8

Nama Anggota Kelompok:
Maghfira Dzikranaka(1401164565)
Aditya Anto Pratama (1401164606)
M.Rafi Luthfiansyah B (1401164619)
Ahda Akbar (1401164593)
Kevin Angga (1401164578)
Seto Andre Asrori (1201130299)

  1. Apa jenis keputusan, dan bagaimana keputusan-membuat pekerjaan proses?
    Tingkat yang berbeda dalam sebuah organisasi (strategis, manajemen, operasional) memiliki persyaratan pengambilan keputusan yang berbeda. Keputusan dapat terstruktur, semi terstruktur, atau tidak terstruktur, dengan keputusan terstruktur pengelompokan di tingkat operasional organisasi dan keputusan tidak terstruktur pada tingkat strategis. pengambilan keputusan dapat dilakukan oleh individu atau kelompok dan termasuk karyawan serta operasional, menengah, dan manajer senior. Ada empat tahapan dalam pengambilan keputusan: intelligence, design, choice, dan implementasi. Sistem untuk mendukung pengambilan keputusan tidak selalu menghasilkan manajemen dan karyawan keputusan yang lebih baik yang meningkatkan kinerja perusahaan karena masalah dengan kualitas informasi, filter manajemen, dan budaya organisasi.
    Keputusan tidak terstruktur (unstructured decision) adalah mereka di mana pengambil keputusan harus memberikan penilaian, evaluasi, dan wawasan untuk memecahkan masalah. Setiap keputusan ini adalah novel, penting, dan tidak rutin, dan tidak ada yang mengerti atau setuju-prosedur untuk membuat mereka. Keputusan jenis ini diterapkan pada manajemen tertinggi perusahaan (eksekutif) karena merekalah yang berhak menentukan arah strategi perusahaan supaya dapat bersaing secara kompetitif dengan perusahaan lainnya.

Keputusan terstruktur (structured decision) adalah sebaliknya, berulang-ulang dan rutin, dan mereka melibatkan prosedur yang pasti untuk menangani mereka sehingga mereka tidak harus diperlakukan setiap kali seolah-olah mereka baru. Banyak keputusan memiliki unsur-unsur dari kedua jenis keputusan dan semiterstruktur, di mana hanya bagian dari masalah memiliki jawaban yang jelas yang diberikan oleh prosedur yang berlaku. Secara umum, keputusan terstruktur lebih banyak terjadi pada tingkat organisasi yang lebih rendah.

Keputusan semiterstruktur (semistructured decision), yaitu yang hanya sebagian masalahnya mempunyai jawaban yang jelas tersedia dengan prosedur yang disetujui bersama. Keputusan jenis ini biasanya dilakukan pada manajemen tingkat menengah dan pengambilan keputusan lebih tergantung pada penggabungan keputusan yang ada di tingkat manajemen atas dan juga tingkat manajemen di bawah.
Kecerdasan (intelligent) terdiri atas menemukan, mengidentifikasi dan memahami masalah yang terjadi pada organisasi seperti mengapa masalah itu terjadi, dimana, dan akibat apa yang dialami perusahaan.

B. Rancangan (design) melibatkan identifikasi dan pencarian berbagai solusi pemecahan masalah.

C. Pilihan (choice) adalah tentang memilih alternatif solusi terbaik yang ada.

D. Implementasi (implementation) adalah tentang membuat alternatif yang dipilih dapat bekerja, dan dapat mengawasi seberapa baik kerja dari solusi tersebut.
2. Bagaimana sistem informasi mendukung kegiatan manajer dan keputusan manajemen keputusan?
model klasik awal kegiatan manajerial menekankan fungsi perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, memutuskan, dan mengendalikan. penelitian kontemporer melihat perilaku aktual manajer telah menemukan bahwa kegiatan nyata manajer yang sangat terfragmentasi, beraneka ragam, dan singkat dalam durasi dan bahwa manajer menghindar dari membuat, keputusan kebijakan menyapu besar. Teknologi informasi menyediakan alat baru bagi manajer untuk melaksanakan kedua peran manajemen tradisional dan lebih baru, memungkinkan mereka untuk memantau, rencana, dan perkiraan dengan lebih presisi dan kecepatan daripada sebelumnya dan untuk merespon lebih cepat terhadap perubahan lingkungan bisnis. Sistem informasi telah sangat membantu untuk manajer dengan memberikan dukungan untuk peran mereka dalam menyebarkan informasi, menyediakan penghubung antara tingkat organisasi, dan mengalokasikan sumber daya. Namun, sistem informasi yang kurang berhasil mendukung keputusan yang tidak terstruktur. Dimana sistem informasi yang berguna, kualitas informasi, filter manajemen, dan budaya organisasi dapat menurunkan pengambilan keputusan.

  1. intelijen bisnis (BI) dan analisis bisnis (BA) berjanji untuk memberikan yang benar, informasi yang hampir real-time kepada para pembuat keputusan, dan alat-alat analisis membantu mereka cepat memahami informasi dan mengambil tindakan. Lingkungan BI terdiri dari data dari lingkungan bisnis, infrastruktur BI, toolset BA, pengguna manajerial dan metode, platform pengiriman BI (sistem informasi manajemen [MIS], sistem pendukung keputusan [DSS], atau sistem pendukung eksekutif [ESS] ), dan user interface. Ada enam fungsi analitis yang memberikan sistem BI untuk mencapai tujuan ini: laporan standar produksi, laporan parameter-driven, dashboard dan scorecard, ad hoc query dan pencarian, kemampuan untuk menelusuri, dan kemampuan untuk model skenario dan membuat perkiraan.
  • Inteligensi Bisnis (IB) adalah sekumpulan teknik dan alat untuk mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. Teknologi IB dapat menangani data yang tak terstruktur dalam jumlah yang sangat besar untuk membantu mengidentifikasi, mengembangkan, dan selain itu membuat kesempatan strategi bisnis yang baru. Tujuan dari IB yaitu untuk memudahkan interpretasi dari jumlah data yang besar tersebut.

analisis bisnis merupakan proses evaluasi prospek ekonomi dan resiko perusahaan. hal tersebut meliputi analisis atas lingkungan bisnis perusahaan, strateginya, serta posisi keuangan dan kinerjanya. analisis berguna dalam banyak keputusan bisnis seperti memilih investasi dalam efek (surat berhargaatai sekuritas) ekuitas atau efek utang, memilih perpanjangan pinjaman dengan utang jangka panjang atau utang jangka pendek, menilai perusahaan dalam penawaran saham perdana dan mengevaluasi restrukturasi yang meliputi merger, akuisisi, dan divestasi.

  • Bisnis harus berurusan dengan kedua Data terstruktur dan tidak terstruktur dari berbagai sumber, termasuk perangkat mobile dan internet.
    Infrastruktur Bisnis intelijen: Landasan yang mendasari bisnis intelijen adalah sistem database yang kuat dan relevan
    Data untuk mengoperasikan bisnis. Data dapat disimpan dalam database transaksional atau gabungan dan terintegrasi ke pusat data perusahaan.
    Analisis Bisnis toolset: Satu set perangkat lunak yang digunakan untuk menganalisis data dan menghasilkan laporan, menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh manajer, dan melacak kemajuan bisnis dengan menggunakan indikator kunci kinerja.
    Pengguna Metode dan Manajerial: Manajer memaksakan agar pada analisis data menggunakan berbagai metode manajerial yang mendefinisikan tujuan bisnis strategis dan menentukan bagaimana pengukuran kemajuan. Platform Penerima– SIM, DSS, ESS
    Pengguna
    12-5
  1. Bagaimana konstituen pengambilan keputusan yang berbeda dalam penggunaan organisasi intelijen bisnis?
    manajemen operasional dan menengah umumnya dibebankan dengan pemantauan kinerja perusahaan mereka. Sebagian besar keputusan yang mereka buat cukup terstruktur. memproduksi laporan produksi rutin MIS biasanya digunakan untuk mendukung jenis pengambilan keputusan. Untuk membuat keputusan yang tidak terstruktur, manajer menengah dan analis akan menggunakan DSS dengan analisis yang kuat dan alat pemodelan, termasuk spreadsheet dan tabel pivot. eksekutif senior membuat keputusan yang tidak terstruktur menggunakan dashboard dan antarmuka visual untuk menampilkan informasi kinerja utama yang mempengaruhi profitabilitas secara keseluruhan, keberhasilan, dan strategi perusahaan. balanced scorecard dan manajemen kinerja bisnis adalah dua metodologi yang digunakan dalam merancang ESS.

  2. Apa peran sistem informasi dalam membantu orang yang bekerja dalam kelompok membuat keputusan yang lebih efisien?
    sistem pendukung keputusan kelompok (GDSS) membantu orang yang bekerja bersama dalam kelompok sampai pada keputusan lebih efisien. GDSS memiliki fasilitas ruang konferensi khusus di mana peserta menyumbangkan ide-ide mereka menggunakan jaringan komputer dan perangkat lunak untuk mengatur ide-ide, mengumpulkan informasi, membuat dan menetapkan prioritas, dan mendokumentasikan sesi pertemuan.

GDSS merupakan Group DSS. Disini, pengguna DSS adalah satu Grup yang terdiri dari beberapa orang yang terkait. Jadi, pengambil keputusannya bukan hanya satu orang pengguna, namun satu tim/kelompok. Yang membedakan GDSS dengan DSS adalah adanya tempat komunikasi bersama, dimana arah keputusan masing-masing individu dapat kompak untuk mendukung keputusan yang lebih besar.
DSS, Decision Support System, intinya adalah sistem pengumpulan dan pengolahan data, dimana informasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk melakukan keputusan.
Dengan adanya DSS ini, pengguna bisa melihat garis besar kegiatan yang telah dan tengah terjadi, membantu memperkirakan arah kegiatan kedepannya, dan meningkatkan efisiensi pemikiran dalam pengambilan keputusan.

GDSS adalah Group DSS. Disini, pengguna DSS adalah satu Grup yang terdiri dari beberapa orang yang terkait. Jadi, pengambil keputusannya bukan hanya satu orang pengguna, namun satu tim/kelompok. Yang membedakan GDSS dengan DSS adalah adanya tempat komunikasi bersama, dimana arah keputusan masing-masing individu dapat kompak untuk mendukung keputusan yang lebih besar.

Tugas SIM Knowledge Management

Kelompok 3 Kelas MB-40-11:
– M. Dylan Geraldie (1401160502)
– M. Faishal Rivaldi (1401160637)
– Nur Ainani Lukman (1401164013)
– Rafi Atha Ganiza (1401161132)
– Wulan Fitri Fatimah (1401163537)

  1. What are the different types of decisions and how does the decision-making process work?
    • List and describe the different levels of
    decision making and decision-making
    constituencies in organizations. Explain how their decision-making requirements differ.
    • Distinguish between an unstructured,
    semistructured, and structured decision.
    • List and describe the stages in decision making.
    Jawab:
    A. -Keputusan Strategis: keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak dalam sebuah perusahaan.
    -Keputusan Taktis: adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen menengah.
    -Keputusan Operasional: adalah keputusan yang dibuat oleh tingkat manajemen yang paling bawah, misalnya operator mesin di lantai produksi.

B. -Keputusan terstruktur (structured decision) bersifat berulang-ulang, rutin, dan dipahami dengan baik hingga dapat didelegasikan kepada pegawai di tingkat yang lebih rendah dalam suatu organisasi. Sebagai contoh, keputusan untuk memberikan kredit ke para pelanggan lama, hanya membutuhkan pengetahuan tentang batas kredit pelanggan dan saldo saat ini, Keputusan yang terstruktur sering kali dapat diotomatisasikan.
-Keputusan semi terstruktur (semistructured decision) ditandai dengan peraturan¬-peraturan yang tidak lengkap untuk mengambil keputusan, dan adanya kebutuhan untuk membuat penilaian serta pertimbangan subjektif sebagai pelengkap analisis data yang formal. Menetapkan anggaran pemasaran untuk suatu produk baru adalah contoh dari keputusan semi terstruktur. Walaupun keputusan seperti ini biasanya tidak dapat secara penuh diotomatisasikan, namun sering didukung oleh bantuan dari keputusan yang diambil berdasar hasil dari komputer (computer-based decision).
-Keputusan tidak terstruktur (unstructured decision) bukan merupakan keputusan yang berulang dan rutin. Contohnya adalah memilih sampul depan sebuah majalah, mengontrak manajemen tingkat senior, dan memilih proyek penelitian awal yang akan dilakukan. Tidak ada kerangka atau model yang dapat memecahkan masalah sejenis ini. Bahkan, dibutuhkan banyak sekali pertimbangan dan intuisi. Walaupun demikian, keputusan tidak terstruktur dapat didukung oleh bantuan dari keputusan yang diambil berdasar hasil komputer, yang berfungsi untuk memfasilitasi pengumpulan informasi dari berbagai sumber.

C. – Intelligence : pengumpulan informasi untuk mengindetifikasikan permasalahan.
– Design : tahap perancangan solusi dalam bentuk alternatif pemecahan masalah.
– Choice : tahap memilih dari solusi dari alternatif – alternatif yang disediakan.
– Implementation : tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.

  1. How do information systems support the activities of managers and management decision making?
    • Compare the descriptions of managerial behavior in the classical and behavioral models.
    • Identify the specific managerial roles that can be supported by information systems.
    Jawab:
    A. Perbandingan antara deskripsi perilaku manajerial model klasik dan model behavioral yaitu model klasik manajemen, memaparkan apa saja yang dikerjakan manejer, tak diragukan lagi diyakini selama lebih dari 70 tahun sejak 1920-an. Hendri fayol dan penulis-penulis jaman dulu mengemukakan fungsi klasik dari manejer yaitu perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pengambilan keputusan dan kontrol. Penjelasan aktivitas manajemen mendomonasi pemikiran mengenai manajemen dalam jangka waktu yang lama dan sampai sekarangpun masih tetap populer. Sedangkan model behavioral menyatakan bahwa perilaku aktual manejer kurang sistematis, lebih informal, kurang relatif, lebih reaktif, kurang treorganisasi dengan baik, dan lebih tidak teratur lain dengan yang diindikasikan oleh model klasik.

B. teknologi informasi menyediakan alat baru bagi manajer untuk melaksanakan kedua mereka tradisional dan
peran yang lebih baru, yang memungkinkan mereka untuk memantau, rencana, dan perkiraan dengan lebih presisi dan kecepatan dari sebelumnya
sebelum dan untuk merespon lebih cepat terhadap perubahan lingkungan bisnis. Sistem Informasi
telah sangat membantu untuk manajer dengan memberikan dukungan untuk peran mereka dalam menyebarkan informasi, menyediakan penghubung antara tingkat organisasi, dan mengalokasikan sumber daya. Namun, informasi sistem yang kurang berhasil mendukung keputusan yang tidak terstruktur. Dimana sistem informasi yang berguna, kualitas informasi, filter manajemen, dan budaya organisasi dapat menurunkan keputusan
pembuatan.

  1. How do business intelligence and business analytics support decision making?
    • Define and describe business intelligence and business analytics.
    • List and describe the elements of a business intelligence environment.
    • List and describe the analytic functionalities provided by BI systems.
    • Compare two different management strategies for developing BI and BA capabilities.
    Jawab:
    A. – Inteligensi Bisnis (IB) adalah sekumpulan teknik dan alat untuk mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis.

– Analisis bisnis merupakan proses evaluasi prospek ekonomi dan resiko perusahaan. hal tersebut meliputi analisis atas lingkungan bisnis perusahaan, strateginya, serta posisi keuangan dan kinerjanya.

B. – Meningkatkan profit dapat membantu pebisnis dalam mengevaluasi para pelanggannya. Dengan Business Intelligence, perusahaan dapat mengetahui pelanggannya, berapa pelanggan yang kita punyai, apakah pelanggan dapat menghasilkan keuntungan secara jangka panjang atau pelanggan tersebut hanya menguntungkan dalam jangka pendek saja.
– Menurunkan biaya

Business Intelligence dapat membantu mengevaluiasi biaya organisasi yang dikeluarkan. karena dengan Business Intelligence perusahaan dapat mengetahui informasi pelanggan lama yang berpotensial dalam perusahaan, cukup meningkatkan pelayanan kepada tersebut, dibandingkan kita harus mengeluarkan biaya untuk pelanggan baru yang kita belum mengenal potensi pelanggan baru.

-Meningkatkan pemasaran

Dengan menggunakan bisnis intelegensj perusahaan dapat mengetahui pangsa pasar yang produktif serta menguntungkan bagi perusahaan, sehingga perusahaan dapat tetap bartahan dalam mempertahankan pasarnya bahkan memperluas pemasarannya. Ini menjadikan suatu strategi bagi perusahaan tersebut.

-Mempermudah pengambilan keputusan

Business Intelligence mampu memberikan solusi melalui informasi yang diperoleh dari perusahaan itu sendiri. Suatu data yang pada awalnya tidak dapat membantu dalam pengambilan keputusan, dengan Business Intelligence data atau informasi yang ada dapat di terintegrasikan dan mudah dimengerti.

  1. How do different decision-making constituencies in an organization use business intelligence?
    • List each of the major decision-making
    constituencies in an organization and describe the types of decisions each makes.
    • Describe how MIS, DSS, or ESS provide
    decision support for each of these groups.
    • Define and describe the balanced scorecard method and business performance management.
    Jawab:
    A. – Strategis: Eksekutif perusahaan mengambil keputusan yang bentuknya tidak terstruktur berdasarkan dari data-data yang sifatnya kompleks.

– Manajemen & Operasional: kebanyakan keputusan yang diambil oleh pada tingkat manajemen dan operasional berbentuk terstruktur dan berkaitan dengan pengawasan kinerja perusahaan.

B. – MIS menghasilkan laporan produksi rutin yang biasanya dapat digunakan dalam membuat keputusan yang terstruktur.
– DSS menggunakan alat analisis dan alat modelling seperti spreadsheet dan pivot tabel yang berguna dalam mengambil keputusan yang tidak terstruktur.
– ESS menunjukan kinerja perusahaan secara keseluruhan yang mengandung informasi yang berkaitan dengan laba dan kesuksesan perusahaan.

C. – Balanced Scoreboard adalah suatu konsep untuk mengukur apakah aktivitas-aktivitas operasional suatu perusahaan dalam skala yang lebih kecil sejalan dema kali dikembangkan dan digunakan pada perusahaan Analog Devices pada tahun 1987.
– Business Performance Management(BPM) adalah sistem real-time yang memberi pesan kepada manager tentang potensi kesempatan, masalah dan ancaman yang akan datang, dan mendukung manager untuk bertindak melalui model dan kolaborasi.

  1. What is the role of information systems in helping people working in a group make decisions more efficiently?
    • Define a group decision-support system (GDSS) and explain how it differs from a DSS.
    • Explain how a GDSS works and how it provides value for a business.
    Jawab:
    A. GDSS adalah suatu sistem berbasis komputer yang mendukung kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam satu tugas (tujuan) bersama dan yang menyediakan interfase bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama.

Perbedaan GDSS dengan DSS
GDSS:
-Pengambilan keputusan untuk menunjang keputusan kelompok
-GDSS System Group Decision Support System adalah system berdasarkan komputer yang interaktif yang memudahkan pemecahan atasmasalah tak terstruktur oleh beberapa (set) pembuat keputusan yang bekerja sama sebagai suatu kelompok
-GDSS, bisa berlaku atau diterapkan ke berbagai situasi keputusan kelompok, yang meliputi panel review, task force meeting eksekutif/dewan, pekerja jarak jauh, dan sebagainya.
Aktifitas dasar yang terjadi di kelompok manapun dan yang memerlukan dukungan yang berdasarkan komputer adalah : pemanggilan informasi, pembagian informasi, dan
penggunaan informasi

DSS:
-pengambil keputusan cakupannya hanya untuk level manajemen senior
-DSS (Decision Support System) merupakan sistem yang dapat mendukung dalam pengambilan keputusan oleh pihak manajemen senior dalam melakukan aktifitas yang sedang berjalan,
EIS (Executive Information System)  sistem yang digunakan untuk memudahkan para executive dalam mengambil keputusan.
-tujuan yang dicapai dari DSS adalah membantu manajer untuk membuat keputusan dalam memecahkan suatu masalah semi-terstruktur. Juga meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan manajer.

B. – Level 1: Dukungan Proses.
Item yang didukung oleh sistem ini:
Pengiriman pesan/message elektronik diantara para anggota grup.
Hubungan jaringan ke setiap terminal PC anggota pada anggota grup yang lain, fasilitator, layar buat publik, database, atau sembarang CBIS umum lainnya.
Layar buat publik tersedia di setiap terminal anggota grup atau dapat dilihat oleh semua anggota di pusat.
Masukan dalam hal pemungutan suara dan ide yang terlindungi siapa pencetusnya untuk meningkatkan partisipasi anggota grup.
Pengumpulan ide atau pemungutan suara dari setiap anggota grup untuk mendorong partisipasi dan merangsang kreativitas.
Penyimpulan dan penampilan ide dan opini, termasuk ringkasan secara statistik dan penampilan jalannya pemungutan suara (pada layar publik).
Satu format untuk agenda yang dapat disetujui oleh grup untuk membantu organisasi pertemuan.
Menampilkan agenda secara kontinyu, seperti halnya informasi yang lain, untuk menjaga pertemuan tetap pada jadwalnya.

  • Level 2: Dukungan Pengambilan Keputusan.
    Pada level ini software ditambahi kemampuan dalam pemodelan dan analisis keputusan. Fiturnya:
    Perencanaan dan model keuangan.
    Pohon keputusan.
    Model probabilitas penilaian.
    Model alokasi sumber daya.
    Model pertimbangan sosial.

Struktur GDSS pada level 2 ini dapat digambarkan seperti bagan berikut ini:

  • Level 3: Aturan Penugasan.
    Pada level ini suatu software khusus ditambahi dengan aturan penugasan. Misal, beberapa aturan dapat menentukan urutan pembicaraan, tanggapan yang sesuai, atau aturan pemungutan suara.

Progress Tugas Besar Dolibarr:
Kelompok kami sudah memiliki gambaran tentang proses pembuatan video tutorial tentang bagian finance dolibarr yang akan kami lakukan pada minggu depan. Seminggu kedepan kami akan mempelajari fitur-fitur yang ada agar mempermudah proses pembuatan video nantinya.

Eight unique features of Internet and Web as commercial medium

Name: Ni Putu Dewita Sari
NIM: 1401160292
class: MB-40-INT-3

there are 8 unique features of e-commerece that divided to Ubiquity,Global reach,Universal standards,Richness,Interactivity,Information density,Personalization/customization and Social technology. and i want to talk some of that features .
first about ubiquity that make internet tech is avaliable everywhere. need and want appear everytime so with internet market place can be crated in no time and everywhere too to solve that need and want, i really feel that advantage because its being more easier for me to do transaction even when im in house eather . when weather is not support to go out buy some important stuff internet still can working to help , and when im in position of out country i aslo can helped by internet .and other features that make internet unique is interactivity that mean internet make us posible to hsve interaction with other people, i really help by that features because in every time i want to buy stuff or do transaction its more confortable if i can chat personaly with the seller or do some negotiation about the stuff like to know spesification so the stuff i want being more accurate and corresponding with what i need and want
that all thank you

Eight unique features of Internet and Web as commercial medium

Name: Ni Putu Dewita Sari
NIM: 1401160292
class: MB-40-INT-3

there are 8 unique features of e-commerece that divided to Ubiquity,Global reach,Universal standards,Richness,Interactivity,Information density,Personalization/customization and Social technology. and i want to talk some of that features .
first about ubiquity that make internet tech is avaliable everywhere. need and want appear everytime so with internet market place can be crated in no time and everywhere too to solve that need and want, i really feel that advantage because its being more easier for me to do transaction even when im in house eather . when weather is not support to go out buy some important stuff internet still can working to help , and when im in position of out country i aslo can helped by internet .and other features that make internet unique is interactivity that mean internet make us posible to hsve interaction with other people, i really help by that features because in every time i want to buy stuff or do transaction its more confortable if i can chat personaly with the seller or do some negotiation about the stuff like to know spesification so the stuff i want being more accurate and corresponding with what i need and want
that all thank you

assignment MIS

Name: Ni Putu Dewita Sari
NIM: 1401160292
class: MB-40-INT-3

there are 8 unique features of e-commerece that divided to Ubiquity,Global reach,Universal standards,Richness,Interactivity,Information density,Personalization/customization and Social technology. and i want to talk some of that features .
first about ubiquity that make internet tech is avaliable everywhere. need and want appear everytime so with internet market place can be crated in no time and everywhere too to solve that need and want, i really feel that advantage because its being more easier for me to do transaction even when im in house eather . when weather is not support to go out buy some important stuff internet still can working to help , and when im in position of out country i aslo can helped by internet .and other features that make internet unique is interactivity that mean internet make us posible to hsve interaction with other people, i really help by that features because in every time i want to buy stuff or do transaction its more confortable if i can chat personaly with the seller or do some negotiation about the stuff like to know spesification so the stuff i want being more accurate and corresponding with what i need and want
that all thank you

MIS Assignment Rezky Anindita Jackie – 1401164585

shelia novaruly (1401164229/ MB-40-INT-3)

Eight unique features of Internet and Web as commercial medium based on my experience

I prefer the features Ubiquity, because I have ever had a cell phone that can only be used text message and telephone. I have try buy shoes from Mataharimall.com and get my shoes. i only pay from ebanking and transfer the money. i wait for 2 days and get my shoes. when i want to buy ticket i only click the destination and pay the ticket online and finnaly i get my ticket. But it does not take long been Internet can be used anywhere and anytime, using the Internet we can use to shop, seek knowledge just with the handheld.

Another feature of is Interactivity. in interactivity i can meet the customers. when i want buy cat i looking in OLX and search the cat. so i can met the owner of the cat.

MIS Assignment Rezky Anindita Jackie – 1401164585

From those eight unique features and based on my experience, i only have experience in personalization/customization. Actually i’ve experienced the other two such as ubiquity and richness but i forgot the stories. So i will give the information about my experience in personalization/customization. I bought a lighter from a branded goods Zippo and i did a custom for the lighter. I asked my friend to give me his hand signature and he wrote it down on a paper and i took a picture of it then i sent it to the Zippo seller. I also made a custom of my friend’s name initials on it so the Zippo has the name initials front side and his signature back side. And the result was satisfied as i requested

Andhika Abdurachman Nabil (1401164186)

From the 8 unique features of e-commerce i have experience Ubiquity and Interactivity. The first time i experienced ubiquity is when i buy something online at Tokopedia it was midnight at that time, my electricity token was expires and all the mini market was closed at that time , but luckily my friend told me that i can buy electricity token at Tokopedia, all i have to do is enter my electricity token code and transfer the money through ATM. For the Interactivity features of e-commerce, when i sell my stuff through tokopedia, someone buy my product and he contacted me trough line application and he tell me that he want to meet me in person so he can give me the money directly and he want to see the product in person and for me that i can know that he wont tricked me, so its a win win solution for us.

Unique Features of Internet and Web as commercial medium (Nadya Shafirah, 1401164232, MB-40-INT-3)

E-commerce Ubiquity

The existence of e-commerce in this era provides much conveniences for the seller and the buyer in the transaction, whether the transaction of business to consumer, business to business and consumer to consumer. One convenience gained in the use of e-commerce is the transaction can be done anytime and anywhere.

The process of buying and selling can be done anytime, not limited by time. We do not need to think about the store closing hours like offline transactions. We could also purchase a product or service anywhere. Sellers and buyers do not have to meet face to face to make transactions.

For example, when going to travel far sudden, we can directly order tickets at traveloka. After selecting the flight schedule, aircraft, place of origin and destination, number of passengers, and other requirements at any hour. Ticket payment can be made by transfer via Internet. We no longer have to give the money in cash. With E-commerce, buying and selling to be more flexible, can be done anytime and anywhere.