tugas e-marketing- bella dwijayanti- kelas eksekutif 32- 2401160030 – secondary data internet


TUGAS E-Marketing

Google Adwords dan Secondary Data Internet

Bella Dwi Jayanti

2401160030

S2 Magister Manajemen

Kelas Eksekutif 32

Telkom University

Bandung 2017

SECONDARY DATA INTERNET

  1. Data mengenai Perkembangan Mobile Message

Berdasarkan Snaps Playbook (Snaps Playbook, 2016), menceritakan tentang perkembangan mobile message bahwa :

  1. Open rate dari mobile message adalah 98% versus open rate email 22%

  2. Dari daftar 10 besar aplikasi yang paling sering digunakan secara global, 6 diantaranya merupakan aplikasi messaging

  3. Rata-rata retention rate dari messaging apps mencapa 2x rate dari semua jenis mobile apps

  4. 75% dari total mobile messaging dilakukan melalui intant messaging apps.

  5. Lebih dari 2 milyar orang memiliki setidaknya 1 instant messaging apps.

  6. Infografik pengguna Internet di Indonesia

Berdasarkan data APJI (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2016 (APJII, 2016), Jumlah pengguna internet di Indonesia sebesar 132,7 juta, dengan penetrasi untuk pengguna pria adalah 51,8% dan pengguna wanita sebesar 48,2 %. Dimana pengguna di Pulau Jawa sebesar 86,3 juta orang (65%).

DAFTAR PUSTAKA

Snaps Playbook. (2016). The Messaging Survival Guide – Everything You Need to Know about Building & Growing Your Chatbot. Los Angeles: Snaps .

APJII. (2016). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: APJII 2016.

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1 Data mengenai Perkembangan Mobile Message…………………………………………….. 2

Gambar 1.2 Messaging Apps have Surpassed Social Network…………………………………………. 2

Gambar1.3 Infografik Pengguna Internet Indonesia 2016…………………………………………………. 3

GOOGLE ADWORDS

1. Kiwari

Kiwari” merupakan nama proyek kolaborasi antara PT Telkom Divisi Digital Service dengan PT Qiscus Ptd, Ltd untuk mengembangkan sebuah messaging app dan chatbot asli buatan lokal Indonesia. Kiwari memiliki segmentasi user karyawan BUMN di Indonesia. Kiwari membantu Pegawai BUMN memenuhi kebutuhan kerja, seperti kolaborasi, sinergi, kebutuhan pengaturan dokumen, komunikasi sesama karyawan, update informasi dan sebagainya menggunakan platform messaging dan chatbot. Saat ini Kiwari sedang dalam proses research and development.

2. Mendaftarkan kiwari ke google adwords

Saya mendaftarkan kiwari ke dalam google adwords dengan memasukkan beberapa kata kunci terkait messaging apps, antara lain : kiwari, chatbot, messaging app, BUMN, chatting, personal assistant, virtual assistant, lokal chat, dan aplikasi pesan. Berikut hasil dari popularitas penesuran dan jumlah search yang didapatkan kiwari berdasarkan keywords tersebut :

· kiwari (880)

· chatbot (201.000)

· messaging app (450.000)

· BUMN (22.200)

· Chatting (165.000)

· Personal assistant (74.000)

· Virtual assistant (74.000)

· Lokal chat(90)

· Aplikasi pesan(6.600)

Tugas emarketing- bella dwi jayanti – profesional 32 – google adwords dan secondary data internet.pdf


Leave a Reply