tugas e-marketing eksekutif 32 2401160042 (Ervan Prasetyo)


E-MARKETING PLAN BANK bjb

Situation Analysis

SWOT ANALYSIS

Strengths

  • Bank Pemerintah Jawa Barat dan Banten yang sudah Tbk dengan komposisi saham 75% pemerintah daerah dan 25% public
  • Bank Pemerintah pertama yang telah go public
  • Memiliki jaringan Kantor Cabang yang relatif menyebar di seluruh wilayah Jawa Barat dan Banten serta sudah mempunyai Cabang hamper di seluruh wilayah Indonesia baik itu di pulau Jawa,Sumatera,Kalimantan,Sulawesi dan Bali yang merupakan pusat perekonomian Indonesia.
  • Sebagai institusi pengelola keuangan pegawai Negeri Sipil Daerah Jawa Barat & Banten.
  • Adanya core-business yang terkait dengan kegiatan perkreditan PNS, Proyek SK Pemda, dan kegiatan yang terkait dengan Kasda, APBD, dan program-program lainnya.
  • Memiliki basis nasabah tradisional yang loyal dalam jumlah besar yaitu PNS, Para Pensiunan, dan masyarakat setempat.
  • Mengenal dengan lebih baik potensi ekonomi dan bisnis di daerahnya setempat

Weakness

· Teknologi informasi, sistem, dan prosedur serta pedoman operasional masih dalam proses penyempurnaan

· Wilayah kerja operasional belum mencakup Indonesia bagian timur seperti Maluku,Lombok,Papua

· Kurang optimalnya operasional sebagai bank devisa.

· Laba usaha bank masih mengandalkan lebih dari 90% atas hasil bunga kredit dan belum secara optimal menggali usaha dari jasa-jasa perbankan lainnya yang bersifat fee based income.

Opportunities

· Ibukota Jakarta dimanfaatkan sebagai sasaran pasar kredit sektor produktif

· Pertumbuhan permintaan kredit konsumtif atau kredit berpenghasilan tetap cukup tinggi.

· Peluang peningkatan image bank bjb dengan turut serta dalam program ATM Bersama dan ATM BCA dengan bank-bank swasta papan atas baik di dalam maupun di luar Pulau Jawa.

· Pengembangan proyek-proyek skala besar di bidang infrastruktur (bio fuel, kelistrikan, jalan tol) yang sedang digalakan Pemerintah Pusat juga mencakup Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten

· Adanya kenaikan gaji dan tunjangan PNS dan ABRI di Provinsi Jawa Barat dan Banten

Threats

  • Adanya revisi terhadap undang-undang penanaman modal Pemda sehingga dapatbergulir ke bank swasta
  • Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bank pesaing lebih canggih dan mutakhir
  • Krisis keuangan global dan nasional yang dapat mempengaruhi sektor perbankan
  • Masyarakat Ekonomi ASEAN

E Marketing Strategic Planning

Segmentation Geografis

· Bank bjb membuka jaringan kantor hampir di seluruh wilayah Indonesia

· Saluran pemasaran dilakukan dengan membuka 5 kantor wilayah yaitu:

Ø Kantor Wilayah 1 di Bandung

Ø Kantor Wilayah 2 di DKI Jakarta

Ø Kantor Wilayah 3 di Cirebon

Ø Kantor Wilayah 4 di Serang

Ø Kantor Wilayah 5 di Surabaya

Segmentation Demografis

Segmentasi bank bjb untuk usia dan pekerjaan adalah pelajar dari taman kanak-kanak dengan usia 4-5 thn, sekolah dasar sampai dengan Sekolah Menengah Umum dengan rentang usia 6-17 tahun, Mahasiswa, Karyawan, Pegawai Negeri Sipil, Wiraswata, Keluarga dan Pensiunan (PNS,POLRI,TNI).

Targetting

· Strategi targeting cakupan pasar penuh dilakukan oleh bank bjb dimana bank bjb berusaha melayani semua kelompok pelanggan dengan semua produk yang mungkin mereka perlukan

· Target market bank bjb adalah seluruh masyarakat Indonesia dengan kriteria ananl-anak sampai lansia, para karyawan,PNS,TNI,POLRI dan Pelajar

Positioning

Dengan menerapkan visi menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Indonesia, bank bjb menjadi bank daerah pertama yang melemparkan saham di publik dan menjalankan perusahaan dengan mengedepankan nilai-nilai budaya perusahaan yaitu “GO SPIRIT” yang merupakan perwujudan dari Service Excellent,Profesionalism,Integrity,Respect,Intellegence,Trust danakan menjangkau lebih jauh memberikan pelayanan terbaik untuk menjadi lebih baik, lebih besar dan lebih kuat

Market Needs

Bank bjb hadir untuk menjangkau jauh memberikan pelayanan terbaik dengan menghadirkan produk-produk yang bersahabat dalam hal biaya administrasi yang ringan, setoran awal yang murah, tingkat suku bunga yang kompetitif dan juga kemudahan dalam bertransaksi.

Segment Analysis

Segmentasi bank bjb untuk usia dan pekerjaan adalah pelajar dari taman kanak-kanak dengan usia 4-5 thn, sekolah dasar sampai dengan Sekolah Menengah Umum dengan rentang usia 6-17 tahun, Mahasiswa, Karyawan, Pegawai Negeri Sipil, Wiraswata, Keluarga dan Pensiunan (PNS,POLRI,TNI).

E-Marketing Strategy&Implementation Plan

Dengan kepercayaan Bank Bjb untuk meremajakan merek dan produk secara digital, kami menyadari bahwa ini bukan tugas yang mudah dilakukan, ini adalah tantangan tersendiri ketika meremajakan bank umum. Ketika citra "Jawa Barat" di benak pelanggan, kami mencoba untuk menemukan dan mengambil masalah penting dan memberi Bank bjb proposisi baru di pasar sebagai bank nasional.

Dalam mengkomunikasikan brand tersebut, kami menyadari bahwa salah satu elemen terpenting adalah komunikasi digital. Kami mulai membangun kehadiran Bank Bjb secara digital dengan menggunakan platform media sosialnya ke pasar sasaran. Selain itu, untuk membangun citra Bank BJB yang positif sebagai Bank yang menyenangkan dan ramah, tim media sosial kita selalu aktif melakukan interaksi dan memberikan respon positif terhadap setiap pertanyaan atau keluhan dengan gaya bahasa yang menyenangkan dan mudah dimengerti.

Evaluation Plan

 Hasilnya banyak pengikut menggunakan platform media sosial bank bjb untuk terhubung & terlibat dengan Bank bjb di dunia digital untuk berbagai mata pelajaran. Untuk saat ini, aset digital bank bjb telah menjadi salah satu tempat bagi nasabah untuk berinteraksi dengan Bank bjb, mulai dari area tanya jawab hingga sesi penanganan Customer Service.
· Peningkatan keterlibatan merek dan produk di media sosial dari 2% - 10%
· Mendapatkan 25.000 penggemar aktif di fanpage Facebook <3 Months
· Tingginya jumlah komentar positif di media sosial membuat Bank BJB sebagai Bank yang ramah dan menyenangkan di setiap cabangnya
· Akun media sosial Bank BJB lebih aktif merespons pelanggan bila dibandingkan dengan bank lain.

Completed: 100% Checked

13% Plagiarism

88% Unique

Ervan Prasetyo Herlambang

2401160042


Leave a Reply