Tugas E-Marketing Plan – MM We4 – 2401160032


E-MARKETING PLAN : PT. Indofood

  • Situation Analysis

Indofood Sukses Makmur Tbk. Adalah produsen bermacam-macam produk makanan dan minuman yang berada di area Jakarta, Indonesia. Salah satu produk andalannya adalah Indomie

SWOT

Strength :

  • Brand yang telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia terutama produk Indomie

  • Kondisi keuangan / finansial yang kuat

  • Memiliki Sumber Daya Manusia yang besar sehingga mampu produksi yang besar pula

  • Memiliki jaringan distribusi yang luas di Indonesia

  • Telah menguasai sebagian besar pasar mie instan di Indonesia

Weakness :

  • Tidak baik untuk kesehatan jika terus-menerus di konsumsi

  • Tenaga kerja yangbanyak membuat perusahaan rentan goncangan terhadap penjualan produk yang menurun

Opportunities :

  • Melakukan perluasan / ekspansi ke luar negeri

  • Produk telah dikenal luas oleh masyarakat sehingga sudah memiliki citra yang baik

  • Memanfaatkan e-bussines dalam membantu mengembangkan pangsa pasar dan memperkenalkan produk melalui internet karena pengguna internet sama dengan masyarakat konsumen

Threats :

  • Banyak dihadapkan pada pesaing-pesaing baru yang memproduksi jenis produk yang sama

  • Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam inovasi

  • E-Marketing Strategic Planning

Segmentation :

  • Demografis : Produk ini lebih cocok dikonsumsi oleh orang dewasa dan atau remaja, anak – anak usia balita sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi mie instant.

  • Geografis : citarasa berdasarkan asal wilayah secara umum, sehingga produk indomie dapat dinikmati untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Targetting :

Target pasar dari indomie adalah lebih kepada remaja dan keluarga. Pada umumnya target pasar yang disasar oleh indomie adalah masyarakat menengah kebawah, karena harganya yang terjangkau

Positioning :

Produk indomie ini merupakan produk mie instan yang sangat popular di Indonesia, sehingga menjadikan indomie ini produk yang “Indonesia banget”, produk yang khas Indonesia punya, dengan cita rasa yang khas dari berbagai daerah di Indonesia

Differentiation :

Diferensiasi targeting yang dilakukan oleh Indofood adalah dengan cara membuat berbagai varian merk untuk produk yang sejenis. Contohnya untuk produk mie instan. Ada beberapa merk yang di produksi selain indomie, yaitu sarimi dan supermi. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kejenuhan konsumen terhadap satu jenis produk

Strategi e-marketing :

  1. Karena produknya lebih cocok dikonsumsi oleh dewasa dan remaja serta secara geografis dapat dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia, sehingga media internet berupa social media dan website cocok digunakan sebagai e-marketing. Mengingat jumlah pengguna social media paling banyak adalah usia remaja dan dewasa.

  2. Selain itu karena banyak brand yang berbeda untuk produk yang sejenis, selain melalui social media, e-marketing nya juga dapat dilakukan melalui iklan-iklan elektronik, untuk menjangkau semua kalangan, termasuk kalangan menengah ke bawah

  • Objectives
  • Meningkatkan brand awareness produk-produk Indofood

  • Memperluas pasar

  • Meningkatkan market share

  • Mengurangi biaya promosi

  • Meningkatkan supply chain management (partner coordination)

  • E-Marketing Strategy

Strategi produk :

  • Perusahaan dapat bekerja sama dengan e-commerce untuk memasarkan 1 atau beberap jenis produknya. Contohnya pemasaran produk baru indomie vintage di Instagram , Facebook, dll

  • Menawarkan brand baru yang secara khusus dipasarkan hanya melalui online

Strategi Harga :

  • Melakukan penentuan strategi harga yang berbeda untuk penjualan secara offline dan online

  • Menentukan strategi harga yang berbeda jika konsumen membeli produk varian Indofood yang lain secara paket

Strategi Distribusi :

  • Menggunakan channel online untuk memasarkan produk langsung ke konsumen sehingga mengurani biaya distribusi

Terima Kasih,

Charysa Januarizka – 2401160032


Leave a Reply