Tugas E-Marketing Plan – MM We4 – 2401160087


E-Marketing Plan Amble Footwear

Situation Analysist

Amble Footwear merupakan brand sepatu yang berasal dari kota Bandung. Amble Footwear didirikan pada bulan Agustus tahun 2009 oleh Agit Bambang dengan memadukan ide antara proses pembuatan sepatu tradisional dan desain sepatu yang disesuaikan dengan gaya hidup pemuda saat ini. Amble Footwear menawarkan produk sepatu yang good looking dan nyaman dipakai

SWOT :

Strength

  • Amble Footwear merupakan salah satu brand pencetus dalam bisnis perdagangan sepatu melalui media social yang berasal dari Bandung

  • Memiliki desain sepatu yang terus mengikuti perkembangan zaman

  • Bersadarkan review pengguna, Amble Footwear memiliki daya tahan yang cukup baik untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang

Weakness

  • Harga sepatu yang ditawarkan oleh Amble Footwear cukup tinggi dibandingkan pesaing-pesaingnya yang baru muncul

  • Masih banyak penduduk yang lebih percaya untuk membeli sepatu dengan brand ternama dibandingkan brand lokal

Opportunities

  • Produk dari Amble Footwear telah merambah pasar luar negeri sehingga memiliki peluang untuk terus memasarkan produknya ke seluruh dunia

  • Amble Footwear telah memiliki citra yang baik di mata kaula muda terutama di kota Bandung sebagai brand yang dapat membawa image baik meskipun sepatu tersebut buatan local

  • Amble Footwear mampu terus mengembangkan lini produknya sehingga saat ini brand tersebut tidak hanya menjual sepatu tetapi merambah ke produk lifestyle lainnya seperti baju, jaket, dompet, celana dan lainnya

Threats

  • Saat ini telah muncul brand-brand baru yang bermain di pasar Amble Footwear sehingga dapat menjadi ancaman dalam penjualan produknya seperti brand Brodo, Guteninc, Brygan, dan lainnya

  • Para pesaing dari brand Amble terus berinovasi dalam mengembangkan produknya dan mampu menawarkan harga yang lebih murah sehingga Amble pun harus selalu meningkatkan kualitas dan inovasi nya agar tidak tertinggal oleh pesaing

  • Selain bersaing dengan produk local, dengan harga yang cukup tinggi produk Amble harus bersaing dengan merk-merk ternama seperti nike, adidas, puma, dan lainnya

E-Marketing Strategic Planning

Segmentation

  • Demografis : Produk Amble Footwear diperuntukan untuk remaja dan orang dewasa yang selalu memperhatikan penampilannya dan ingin terlihat mewah serta klasik

  • Geografis : Produk Amble lebih ditujukan kepada masyarakat yang tinggal di kota-kota besar baik di Indonesia maupun diluar negeri

Targetting

Target pasar dari Amble Footwear yaitu remaja dan orang dewasa baik pria maupun wanita dengan kelas ekonomi menengah ke atas

Positioning

Amble Footwear menempatkan dirinya sebagai brand lokal yang mampu memproduksi dan menawarkan produk lifestyle dengan kualitas setara internasional

Differentiation

Differensiasi yang dilakukan oleh Amble Footwear yaitu memfokuskan produknya dengan gaya-gaya yang kasual serta elegan dengan menggunakan material kulit yang berkualitas tinggi untuk produk alas kaki nya

Strategi E-Marketing

  1. Produk Amble Footwear ditargetkan untuk remaja dan orang dewasa yang selalu berjiwa muda sehingga media yang tepat untuk memasarkan produknya melalui internet yaitu media social yang sering dipakai oleh banyak remaja dan orang dewasa di Indonesia seperti instagram

  2. Selain itu, Amble Footwear juga memasarkan produknya dengan membuat website yang dapat menampilkan berbagai informas mengenai Amble mulai dari sejarah didirikannya, lini produk yang ditawarkan, lokasi took off-line nya dan juga bermacam informasi lainnya agar calon customer dapat tertarik untuk membeli produk Amble Footwear

  3. Amble Footwear juga dapat memanfaatkan menu advertising yang ditawarkan oleh beberapa website sehingga dapat mempengaruhi calon customer untuk membeli produk dari Amble

Objectives

  • Meningkatkan penjualan produk

  • Mengurangi biaya promosi

  • Memudahkan proses penjualan produk

  • Mendekatkan diri dengan konsumen

  • Meningkatkan brand image

  • Memperluas pasar hinggal mencakup seluruh dunia

E-Marketing Strategy

Strategi Produk

Amble Footwear terus menciptakan produk dengan desain masa kini dan memiliki kualitas yang sangat baik untuk dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada para konsumennya. Dalam memasarkan produknya, Amble dapat bekerja sama dengan e-commerce agar dapat lebih dikenal masyarakat luas

Strategi Harga

  • Menetapkan harga yang disesuaikan dengan kualitas yang ditawarkan sehingga walaupun konsumen mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli produk Amble dibandingkan dengan pesaingya, konsumen tersebut tidak akan merasa kecewa karena telah membeli produk yang memiliki kualitas sangat baik

  • Menawarkan paket harga tertentu apabila konsumen membeli lebih dari satu produk Amble dalam satu kali transaksi

  • Menawarkan diskon khusus apabila konsumen membeli produk Amble langsung dari website nya

  • Memberikan diskon atas produk Amble yang sudah lama di rilis saat Amble mengeluarkan produk yang baru

Strategi Distribusi

  • Bekerja sama dengan jasa pengiriman barang sehingga saat konsumen melakukan pembelian di online dapat langsung segera di salurkan kepada konsumen tersebut dengan cepat

Senna Gilrandi

2401160087

Note : Terlampir screenshot dari Plagiarism Checker


Leave a Reply