Tugas E-Marketing Plan – MM We4 – SAFITRI_2401160084


Selamat siang Pak Adhi, berikut adalah tugas E-Marketing Plan

Nama : Safitri
NPM : 2401160084

E-MARKETING PLAN : PO GUNUNG SEMBUNG PUTRA

  1. Situation analysis

PO. Gunung Sembung adalah, suatu perusahaan jasa transportasi yang melayani tur wisata dan ziarah di wilayah Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatera dan sekitarnya. PO. Gunung Sembung berdiri pada tahun 1980 dengan alamat kantor Jl.Raya Cipanjalu no.57 Ujung Berung yang pada saat pendiriannya hanya memiliki 2 bus saja.

Seiring dengan perkembangan perekonomian yang semakin pesat, pada tahun 1982 mulai bermunculan pabrik pabrik tekstil dan sebagainya di wilayah Bandung Timur. Karena mulai bermunculan pabrik pabrik tekstil ini membuat PO.Gunung Sembung mengembangan usahanya dengan menerima untuk angkutan karyawan. Berdasarkan hal tersebut, PO.Gunung Sembung kemudian menambah armada busnya sebanyak 2 bus. Sehingga armada bus yang dimiliki PO.Gunung Sembung sampai tahun 1982 adalah 4 bus.

Waktu terus berjalan dan bisnispun mulai berkembang, armada bus PO.Gunung Sembung pun bertambah dari tahun ke tahunnya. Peningkatan jumlah bus yang dimiliki PO.Gunung Sembung untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Karena banyaknya bus yang dimiliki PO.Gunung Sembung sehingga garasi tempat menyimpan bus bus sudah tidak memadai lagi, akhirnya PO.Gunung Sembung memutuskan untuk pindah kantor ke tempat yang memiliki garisi lebih luas. Pada tahun 1999 PO. Gunung Sembung pindah kantor / pool / garasi ke Jl.Raya Cinunuk no.126 A. Perpindahan kantor ini kemudian diikuti dengan perubahan nama perusahaan menjadi PO. Gunung Sembung Putra (GSP).

Hingga sampai saat ini PO. Gunung Sembung Putra memiliki armada sebanyak 29 unit, 9 unit diantaranya adalah bus AC dan sisanya bus non AC.

  1. SWOT

Ø STRENGTHS

ü Pelayanan yang diberikan memuaskan

ü Kemudahan pembayaran, karena bisa dicicil

ü Kebersihan armada bus

ü Banyaknya rute pariwisata

Ø WEAKNESS

ü Minimnya inovasi

ü Strategi pemasaran hanya menggunakan WOM

ü Masih minimnya armada bus

ü Segmen pasar belum terlalu luas

Ø OPPORTUNITIES

ü Banyak munculnya destinasi baru

ü Memiliki konsumen yang loyal

ü Kebutuhan konsumen yang beragam

ü Membuka peluang kerjasama baru

Ø THREATS

ü Kompetitor baru

ü Selera konsumen berbeda

ü Konsumen berminat untuk berpindah ke trasnportasi lain

ü Kondisi jalanan yang tak terduga

  1. STP (Segmentation Targeting and Positioning)

Ø SEGMENTATION

ü DEMOGRAFIS

PO Gunung Sembung Putra membagi pasar atau pelanggan berdasarkan pekerjaan, dan status sosial. Dalam menentukan pasar yang dituju membaginya dalam tiga golongan yaitu Masyarakat pinggiran, Instansi, Mahasiswa, Karyawan, dan Pengusaha kecil maupun menengah. Juga Majlis Taklim yang ingin mengadakan ziarah.

ü GEOGRAFIS

Wilayah geografis PO Gunung Sembung Putra yaitu Jawa, Madura, Sumatera dan paling terjauh wilayah Bali. PO Gunung Sembung Putra sendiri berdomisili di Bandung, Jawa Barat. Dan untuk wilayah Jawa Barat bukan hanya Bandung, melainkan daerah sekitar. Selama masih bisa dilewati Bus, PO Gunung Sembung Putra akan menyediakan busnya.

ü PSIKOGRAFIS

Target market dari PO Gunung Sembung Putra, merupakan masyarakat menengah ke bawah. Perusahaan ini menetapkan strategi lowcost untuk meraup keuntungan. Cepi Adli Nurdin; selaku pengelola perusahaan sempat berujar "gapapa murah, yang penting kejualnya banyak, untungnya sama aja banyak kalo dibanding sama mahal, tapi lakunya dikit“ Perusahaan PO Gunung Sembung Putra lebih mementingkan hubungan antar pelanggan. Namun walaupun demikian, pelanggan tetap dapat mendapatkan fasilitas yang mewah. Terutama dari sisi pelayanannya yang ramah.

ü BEHAVIORAL

PO Gunung Sembung Putra membagi pasar berdasarkan permintaan kenyaman konsumen. PO Gunung Sembung Putra membagi ke dalam golongan Bus yaitu Bus besar dengan 45 dan 60 seat, Bus Kecil dengan 31 seat, Bus AC, Bus Non Ac, Bus biasa dan Bus Executive. Tapi semua tipe bus akan mendapatkan fasilitas aman, nyaman dan keramah yang sama.

Ø TARGETING

Target konsumen , yaitu para pelanggan yang suka bepergian dengan menggunakan jasa transportasi bus pariwisata juga konsumen Majlis Taklim yang ingin mengadakan Ziarah khususnya di wilayah Bandung, Jawa, Sumatera sampai Bali sebaliknya. Hal ini disesuaikan dengan trayek yang telah PO. Gunung Sembung Putra jalani, Selain itu juga, PO. Gunung Sembung Putra menargetkan para pelanggan suka menggunakan fasilitas internet khususnya dalam menikmati perjalanan.

Ø POSITIONING

Pelayanan yang ramah dan santun dengan harga yang seimbang, artinya tidak mahal dan tidak murah merupakan indikator yang ingin diciptakan oleh PO Gunung Sembung Putra dalam membentuk persepsi konsumennya. Dengan pemberian motto “Melayani dengan setulus Hati “ yang memiliki artian sama seperti apa yang dijanjikan yaitu pelayanan yang setulus hati dengan rasa kasih sayang PO Gunung Sembung Putra berharap pelanggan yang menginginkan pelayanan dalam berwisata mereka akan langsung teringat dalam benak konsumen

  1. E-Marketing Strategy

Seiring berkembangnya jaman, media pemasaran offline sudah sangat tertinggal dan berpindah ke media digital yaitu dengan online. PO Gunung Sembung Putra juga tidak mau tertinggal jaman sehingga kehilangan konsumen, walau dengan strategi WOM masih bisa mempertahankan pelanggan lama yang sudah loyal, namun dibutuhkan media digital untuk menarik pelanggan baru. Untuk itu PO Gunung Sembung Putra membuat website company profile dengan web address www.gunungsembungputra.com namun hal itu belum cukup memenuhi digital. Untuk itu PO Gunung Sembung Putra juga membutuhkan pemesanan online juga media social lain untuk mengiklankan layanan yang ada.


Terima Kasih,

Safitri


Leave a Reply