Tugas Individu 22 november 2017


Anwar Rasyid Lubis
1401144354
MB-39-02

  1. Resume Chapter 8

Ethical, social, dan political issues in e-commerce
Privasi dan hak informasi
 Privasi merupakan hak moral setiap individu untuk bergerak sendiri, bebas dari pengawasan, atau gangguan dari individu atau organisasi lain.
 Informasi privasi, berhak untuk dilupakan. Hal ini dimaksudkan, informasi tertentu tidak boleh disimpan sama sekali. Termasuk pula pelacakan perilaku internet, situs social, dan perangkat seluler.
Merk dagang
 Mengidektifikasi, membedakan barang, dan menunjukkan sumbernya.
 Dengan tujuan untuk memastikan konsumen mendapatkan apa yang dibayar atau diharapkan bias diterima, dan lindungan bagi pemilik dari pembajakan dan penyalahgunaan
Keamanan dan kesejahteraan masyarakat
 Perlindungan anak dan sentiment kuat terhdap pornografi
 Upaya untuk mengendalikan perjudian dan membatasi perjualan obat-obatan terlarang dan rokok.
Trade Mark
• Mengidentifikasi, membedakan barang, dan menunjukkan sumber mereka
• Tujuan
– Pastikan konsumen mendapat apa yang dibayar untuk / diharapkan untuk menerima
– Melindungi pemilik melawan pembajakan dan penyalahgunaan.

• Pelanggaran :
– kebingungan pasar
– itikad buruk

Trade Mark dan Internet :
• Cybersquatting and brand-jacking
Anticybersquatting Consumer Protection Act (ACPA) :
• Cyberpiracy

Typosquatting :
• Metatagging
• Keywording
• Linking and deep linking
• Framing
• lingkungan mode campuran
Mobile dan isu privasi berdasarkan lokasi
 Aplikasi smartphone, mamantau dan menyimpan lokasi pengguna
 42% pengguna mengatakan privasi menjadi focus utama
 Privasi pada mobile bekerja dengan membutuhkan informasi konsumen tentang pengumpulan data

Hak cipta
 Merupakan perlindungan atas ide atau karya dari penjiplakan oleh pihak lain dalam periode tertentu

Biaya dan manfaat harus dipertimbangkan dengan cermat, terutama bila tidak ada pedoman hukum atau budaya yang jelas
Isu yang diangkat oleh Internet dan e-commerce dapat dilihat pada tingkat individu, sosial, dan politik
Empat kategori utama masalah:
 Hak informasi
 Hak milik
 Pemerintahan
 Keamanan dan kesejahteraan umum
Konsep umum etika
 Etika
 Tanggung jawab
 Akuntabilitas
 Kewajiban
 Karena proses hukum sudah diketahui dan dipahami
Proses untuk menganalisis dilema etika:
1. Identifikasi dan jelaskan fakta
2. Tentukan konflik atau dilema dan identifikasi nilai orde 3. tinggi yang terlibat
3. Identifikasi para pemangku kepentingan
4. Identifikasi pilihan yang bisa Anda ambil
5. Identifikasi konsekuensi potensial dari pilihan Anda
Candidate Ethical Principles
 Golden Rule
prinsip ini dapat juga disebut dengan toleransi, jangan melakukan suatu hal pada orang lain jika anda tidak ingin diperlakukan yang sama oleh orang lain.Universalism
 Slippery Slope
sesuatu yang tidak baik jika kita lakukan berulang kali.Collective Utilitarian Principle
 Risk Aversion
ambil tindakan yang memiliki resiko paling kecil.The New York Times Test
 The Social Contract Rule
prinsip yang anda berikan akan menjadi prinsip bagi organisasi yang anda ikuti.

  1. Contoh kasus:

Pada tahun 2017 ada seorang yang bernama Dwi hartanto yang mengaku sebagai penerus habibie. Dia menyebarkan berita bohong ke internet dan dunia maya, dia mengaku pencapaiannya saat ini sudah sampai seperti habibie. Masyarakat di sosial media percaya tapi di selidiki ternyata berita itu hanya isu belaka. ini menyangkut pasal 28 ayat 1 (penyebarkan berita bohong)

3 . Tidak. Karena segala yang ditampilkan dalam website kami baik dari foto, merk maupun caption kami pikirkan sendiri tanpa menjiplak dari manapun. Foto kami mengambil dari produk handmade kami. Segala yang berada dalam web kami merupakan pemikiran dari anggota kelompok kami.


Leave a Reply