Tugas week 9 MB 38-05 kelompok 5


SECONDHANDTIX GOOGLE ANALYTICS

Deina Yulia 1401154428

Farhan Danuputra 1401154218

Kevin Verdian 1401154221

Byanca Nadhifa 1401154381

Arbi Irawan 140115

Strategic Maketing Secondhand.tix

Menggunakan social media sebagai sarana untuk mempromosikan website kami. Social media yang digunakan adalah Twitter, instagram, Line, dan juga Facebook. Konten dari social media kami ialah artikel-artikel event, Jadwal event, Poster dan juga teks. Selain social media, kami juga menggunakan Google Bisnisku jadi pelanggan dapat mereview dan menemukan website kami kapan saja dan dimana saja karena di Google bisnisku ini akan dicantumkan deskripsi dari website kami dan juga foto-foto produk dari bisnis kami ini. Untuk memperluas pemasaran kita juga akan melakukan interaksi dengan followers karena dari interaksi dengan followers ini dapat membuat followers merasa nyaman dengan layanan jasa kami sehingga mereka secara tidak langsung akan percaya dengan layanan jasa yang kami sediakan.

Resume E-commerce Marketing & Advertising Concept (Laudon Chapter 6)

Local marketing

Ditujukan ke lokasi geografis pengguna. Alat yg di gunakan berupa google maps untuk penargetan geografi.

Pemasaran multichannel

Perusahaan berinteraksi dengan pelanggan langsung maupun tidak langsung untuk menjual barang dan jasa kepada mereka.

Strategi marketing online

Beberapa strategi lain lebih fokus daripada strategi online "tradisional" seperti:

1. Retensi pelanggan

Melakukan personalisasi dan pemasaran satu lawan satu dan enargetan perilaku.

Namun terdapat efektivitas yg belum meyakinkan yakni tentang masalah privasi.

2. Kostumisasi

Melakukan perubahan pada produk agar terdapat perbedaan atau nilai tambah untuk produk tersebut.

3. Produksi bersama pelanggan

Pelanggan membantu menciptakan produk dengan memberikan keterangan tentang produk yg di inginkan.

Strategi harga

Pada dasarnya, harga termasuk biaya tetap, biaya variabel dan kurva permintaan. Strategi yg di gunakan antara lain:

  • Gratis, bisa digunakan untuk membangun kesadaran pasar.

  • Versi, membuat beberapa versi produk dan menjual ke segmen pasar yang berbeda dengan harga berbeda pula.

  • Bundling, menawarkan konsumen dua barang atau lebih untuk satu harga.

  • Lelang

Long Tail Marketing

Konsep ini adalah kekuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh sedikit orang tetapi akan menghasilkan potensi bisnis yang besar. Internet memungkinkan menjadi tempat penjualan produk dengan pendapatan substansial karena biaya yg di keluarkan hanya sedikit untuk pemasaran.

Dampak utama internet pada pemasaran:

  1. Ruang lingkup komunikasi pemasaran diperluas

  2. Kekayaan komunikasi pemasaran meningkat

  3. Intensitas informasi pasar berkembang

  4. Selalu di lingkungan mobile memperluas peluang pemasaran

Web transaction technologies

  1. Dibangun ke perangkat lunak server Web

  2. Catat aktivitas pengguna di situs Web

  3. Menyediakan banyak data pemasaran, terutama dikombinasikan dengan Formulir pendaftaran dan Database keranjang belanja.

Tracking files

  1. Pengguna browsing dilacak saat mereka berpindah dari satu situs ke situs lainnya

  2. Empat jenis file pelacakan yaitu Cookie, Kuki flash, Beacon ("bug"), Aplikasi.

Database

  1. Database: menyimpan catatan dan atribut

  2. Sistem manajemen basis data (DBMS):

Software digunakan untuk membuat, memelihara, dan mengakses database

  1. SQL (Structured Query Language):

Query database industri dan manipulasi bahasa yang digunakan dalam database relasional

  1. Database relasional:

Merupakan data sebagai tabel dua dimensi dengan catatan yang disusun dalam baris dan atribut dalam kolom; data dalam tabel yang berbeda dapat dihubungkan secara fleksibel sepanjang tabel memiliki elemen data yang sama.

Data warehouse dan data mining

  1. Data warehouse: Mengumpulkan data transaksional dan pelanggan perusahaan di satu lokasi untuk analisis offline oleh pemasar dan pengelola situs

  2. Data mining: Teknik analisis untuk menemukan pola dalam data, perilaku model pelanggan, mengembangkan profil pelanggan

Permintaan data berbasis query

Model data driven mining

Data mining berbasis aturan

Big Data dan Hadoop

Big Data: Lalu lintas web, e-mail, konten media sosial

Hadoop: Solusi perangkat lunak open source

Proses semua jenis data, termasuk tidak terstruktur dan semi terstruktur

Pemrosesan terdistribusi

CRM (customer relationship management )

  1. Membuat sebuah profil pada kustomer, yaitu : summary product, demografi, profitabilitas, product history, marketing sales information

  2. Data kustomer digunakan untuk : mengembangkan, identifikasi kostumer, optimisasi service delivery

System CRM:

Customer -> transaksi -> data warehouse -> data mining -> marketing

Mode pembelian online kustomer :

Awareness -> search -> evaluation / alternative product -> purchase -> loyalty

Cara kerja advertising online :

  1. Gunakan ROI untuk mengukur ad campaign

  2. Dengan cara melihat click tertinggi

  3. Rich media (video,foto,interaktif)

  4. Multiple chanel, tidak hanya pada media online namun disebar melalui media lainnya (tv,banner,radio)

Cost of online advertising:

  1. Pricing model : barter, cost per thousand, cost per click, cost per action

  2. Online revenue

  3. Online/offline revenue

Online advertising lebih mahal dari cpm basis namun lebih effective

Kegunaan Web analytics:

  1. Meningkatkan awareness

  2. Engagement

  3. Interaction

  4. Purchase

  5. Loyalty


Leave a Reply