Afna Dalilah MB 38-02


Diera digital jaman sekarang, e-commerce sangatlah dikenal. E-commerce sendiri ialah suatu evolusi transaksi secara digital yang terjadi dibanyak organisasi dan individu. Namun selain istilah e-commerce ada pula istilah e-business. Dari pendapat tertentu membicarakan bahwa e-commerce dan e-business itu merupakan hal yang sama. Namun, adapula yang membicarakan bahwa kedua hal tersebut mempunyai pengertian yg berbeda. E-business sendiri yaitu biasa digunakan perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Tetapi, ada juga yang membicarakan bahwa e-commerce merupakan bagian dari e-business.

Di dalam e-commerce, adapula fitur-fitur yang unik yaitu yang pertama ubiquity. Ubiquty yaitu dimana yang artinya e-commerce itu ada dimana-mana karena menggunakan Teknologi internet / web yang tersedia dan dapat diakses dimanapun. Kedua yaitu global reach, global reach ialah dimana memungkinkan e-commerce dapay dilihat dari berbagai belahan dunia, yang memungkinkan dapat berkembang dengat cepat dan sangat luas. Ketiga yaitu universal standards, yaitu dengan adanya fitur google reach yang mengartikan bahwa e-commerce tidak memiliki batas tertentu, dikarenakan penyebaran e-commerce secara mendunia sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain. Keempat richness, yaitu hal yang menunjukkan bahwa e-commerce mendukung pesan video, audio, dan teks, memungkinan untuk menyampaikan pesan kaya dengan teks,audio, dan video secara bersamaan untuk banyak orang. Kelima interactivity, yaitu teknologi ini bekerja melalui interaksi dengan pengguna yang nantinya konsumen terlibat dalam dialog yang dinamis menyesuaikan pengalaman untuk individu. Keenam information density, yaitu peningkatan besar pada kepadatan informasi dan total jumlah dan kualitasinformasi yang tersedia untuk semua pelaku pasar, dan dapat mengurangi pengeluaran biaya tanpa menurunkan kualitas produk. Ketuju personalization, yaitu dimana e-commerce memungkinkan modifikasi pesan, barang, effeknya memungkinkan pesan personalized dapat dikirim kepada individu maupun kelompok.

Output yang saya harapkan di mata kuliah ini ialah, saya dapat membuka bisnis yang baru dan fleksibel. Saya juga berharap bahwa saya dapat memahami dengan baik cara mendapatkan customer dengan cepat.


Leave a Reply