Dio tutut kusuma wardani_MB3808_Ecommerce


Rangkuman BAB 1 dari Buku E commerce (business. technology. society) 2014

e-commerce adalah lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersial terjadi diantara banyak organisasi dan individu. Pada umumnya, e-commerce berarti transaksi yang terjadi dalam internet dan web. Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (misalnya uang) melintasi batas-batas organisasi atau individu sebagai imbalan atas barabg dan jasa. E-commerce dimulai pada tahun 1995 ketika salah satu portal internet yang pertama, Netscape.com, menerima iklan pertama dari perusahaan-perusahaan besar dan mempopulerkan ide bahwa web dapat digunakan sebagai medium baru untuk beriklan dan berjualan.

Mengapa E-Commerce Berbeda

Mengapa e-commerce bertumbuh pesat? Jawabannya ada pada sifat unik internet dan web. Penjelasan sederhananya, internet dan teknologi e-commerce jauh lebih kaya dan canggih dari pada revolusi teknologi yang sebelumnya.

  • Ada dimana-mana : E-commerce ada dimana-mana berarti e-commerce memang terdapat dimana saja dan kapan saja. E-commerce memungkinkan kita berbelanja dari komputer pribadi, dirumah, ditempat kerja atau bahkan dari kendaraan, dengan menggunakan mobile e-commerce. Hasilnya disebut dengan ruang pasar (marketspace)-pasar yang diperluas melintasi batas-batas tradisional dan bukan lagi dari sebuah lokasi geografis yang sifatnya sementara.
  • Jangkauan global : teknologi e-commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dari suatu sistem perdagangan yang tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk pedagang e-commerce secara kasar sama dengan ukuran populasi online dunia.
  • Standar universal : standar teknik universal dari internet dan e-commerce berpengaruh besar terhadap rendahnya biaya masuk pasar – biaya yg harus dikeluarkan oleh standar universal mengurangi biaya pencarian – usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang sesuai dengan keinginan mereka.
  • Kaya manfaat : dalam hal informasi, istilah kaya manfaat merujuk pada kompleksitas dan isi dari suatu pesan.
  • Interaktif : interaktivitas memungkinkan seorang penjual online terlibat dengan pelanggan dengan cara yang sama seperti aktivitas tatap muka, tetapi dengan skala yang lebih besar dan global.
  • Kepadatan informasi : kepadatan informasi – jumlah keseluruhan dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua peserta, pelanggan dan penjual dipasar.
  • Personalisasi/penyesuaian : personalisasi adalah pedagang dapat mengarahkan pesan pemasarannya pada orang-orang tertentu dengan menyesuaikan pesannya sesuai nama, alamat,minat, dan pembelian orang dimasa lalu. Penyesuaian adalah mengubah barang atau jasa yang dijual sesuai dengan preferensi pengguna atau perilaku yang ia tunjukkan sebelumnya.

Konsep Utama Dalam E-Commerce : Pasar Digital Dan Barang Digital

Internet sangat mengurangi biaya untuk mendapatkan dan mendistribusikan informasi, dan menciptakan sebuah pasar digital dimana jutaan orang dapat bertukar jumlah besar informasi secara langsung, cepat, dan gratis. Sebagai hasilnya, internet telah mengubah cara perusahaan menjalankan kegiatan bisnisnya.

Pasar digital sangat fleksibel dan efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang sangat kecil, biaya menu (menu cost, biaya penjual akibat perubahan harga) yang lebih rendah, diskriminasi harga, dan kemampuan untuk mengubah harga dengan dinamis yang disesuaikan dengan kondisi pasar. Dalam penentuan harga dinamis harga dari sebuah barang bergantung pada sebuah karakteristik permintaan dari konsumen atau situasi pasokan dari penjual.

Barang Digital adalah barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital. Pada umumnya, untuk barang digital, biaya marginal untuk menghasilkan satu unit tambahan nyaris tidak ada. Tetapi biaya untuk menghasilkan unit asli yang pertama ternyata cukup tinggi.

  1. E-COMMERCE: BISNIS DAN TEKNOLOGI

Jenis-Jenis E-Commerce

Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan transaksi e-commerce. Tiga katagori utama dari e-commerce adalah bisnis ke konsumen, bisnis ke bisnis, dan konsumen ke konsumen.

  • E-commerce bisnis ke konsumen – melibatkan penjualan produk dan layanan secara eceran kepada pembeli perorangan.
  • E-commerce bisnis ke bisnis – melibatkan penjualan produk dan layanan antar perusahaan.
  • E-commerce – melibatkan konsumen yang menjual secara langsung ke konsumen.

Model E–Commerce Bisnis

  • Portal

Portal seperti Google, Bing, Yahoo, MSN, dan AOL menawarkan Web yang kuat. Perangkat pencarian serta paket terpadu dari konten dan layanan, seperti berita, e-mail, instant messaging, peta, kalender, download belanja, musik, video streaming, dan banyak lagi, semua dalam satu tempat. Pada tahun 2010, portal dihasilkan sekitar $ 13500000000 pendapatan. Meskipun ada ratusan situs mesin portal / pencari, lima situs (Google, Yahoo, MSN / Bing, AOL, dan Ask.com) mengumpulkan lebih dari 95 persen lalu lintas Internet karena pengakuan merek mereka unggul (eMarketer, 2010e).

  • E-tailer

Toko online retail, sering disebut e-tailers, datang dalam semua ukuran, dari raksasa Amazon
dengan pendapatan tahun 2010 lebih dari $ 24 miliar untuk toko-toko lokal kecil yang memiliki situs web. E-tailer mirip dengan khas toko batu bata-dan-mortir, kecuali bahwa pelanggan hanya perlu terhubung ke Internet untuk memeriksa persediaan mereka dan melakukan pemesanan. Secara keseluruhan, Pendapatan ritel online yang dihasilkan sekitar $ 152.000.000.000 untuk tahun 2010.

  • Content Provider

“Konten” didefinisikan secara luas untuk mencakup semua bentuk kekayaan intelektual. Kekayaan intelektual mengacu pada semua bentuk ekspresi manusia yang dapat dimasukkan ke dalam media yang nyata seperti teks, CD, DVD, atau disimpan pada media digital (atau lainnya), termasuk Web. Penyedia konten mendistribusikan konten informasi, seperti video digital, musik, foto, teks, dan karya seni, melalui Web. Proposisi nilai penyedia konten online adalah bahwa
konsumen dapat menemukan berbagai macam konten online, mudah, dan pembelian konten ini murah, untuk dimainkan, atau dilihat, pada beberapa komputer perangkat atau smartphone.

  • Broker Transaksi

Situs yang memproses transaksi bagi konsumen biasanya ditangani secara pribadi, oleh telepon, atau melalui surat. Industri terbesar menggunakan ini. Transaksi broker online ini
proposisi nilai utama tabungan uang dan waktu, serta menyediakan inventaris yang luar biasa dari produk keuangan dan paket wisata, dalam satu lokasi. Broker saham online dan layanan pemesanan perjalanan memungut biaya yang jauh lebih kecil dari versi tradisional dari layanan ini.

  • Pencipta Pasar

Pencipta pasar membangun lingkungan digital di mana pembeli dan penjual dapat memenuhi, produk display, mencari produk, dan membangun harga. Nilai proposisi dari pencipta pasar online adalah bahwa mereka menyediakan sebuah platform di mana penjual dapat dengan mudah menampilkan barang dagangan mereka dan di mana pembeli dapat membeli langsung dari penjual.

  • Penyedia Layanan

Sementara e-tailers menjual produk secara online, penyedia layanan menawarkan layanan online. Google telah memimpin jalan dalam mengembangkan aplikasi layanan software online seperti Google Apps, Gmail, dan layanan penyimpanan data online.

  • Community Provider

Community Provider adalah situs yang menciptakan lingkungan digital online di mana orang-orang dengan minat yang sama dapat bertransaksi (membeli dan menjual barang-barang); Bagikan kepentingan, foto, video; berkomunikasi dengan orang yang berpikiran; menerima informasi terkait kepentingan; dan bahkan bermain fantasi dengan mengadopsi secara online
kepribadian yang disebut avatar.

E–Commerce Model Penerimaan

Model pendapatan Sebuah perusahaan menjelaskan bagaimana perusahaan akan memperoleh pendapatan, menghasilkan keuntungan, dan menghasilkan pengembalian superior atas investasi. Meskipun ada banyak model pendapatan e-commerce yang berbeda yang telah dikembangkan, sebagian besar perusahaan mengandalkan satu, atau beberapa kombinasi, dari enam model pendapatan berikut: periklanan, penjualan, langganan, bebas / freemium, biaya transaksi, dan afiliasi.

Web 2.0: Jaringan Sosial Dan KebijaksanaanOrang Banyak

Yang paling populer Web 2.0 layanan jejaring sosial, tempat pertemuan online di mana orang dapat bertemu teman-teman mereka dan teman teman mereka. Setiap hari lebih dari 60 juta pengguna internet di Amerika Serikat mengunjungi situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, LinkedIn, dan ratusan orang lain. Situs jejaring sosial menghubungkan orang melalui bisnis yang saling menguntungkan atau hubungan pribadi, memungkinkan mereka untuk menambah teman-teman mereka untuk memimpin penjualan, kiat berburu pekerjaan, atau teman-teman baru. MySpace, Facebook, dan Friendster menarik bagi orang-orang yang terutama tertarik dalam memperluas persahabatan mereka, sementara LinkedIn berfokus pada pekerjaan jaringan untuk profesional.

Top of Form

E-Commerce Pemasaran

Banyak perusahaan pemasaran e-commerce menggunakan teknik penargetan perilaku untuk
meningkatkan efektivitas banner, media yang kaya, dan iklan video. Penargetan perilaku mengacu melacak klik-stream (sejarah perilaku mengklik) dari individu pada ribuan situs Web untuk tujuan memahami mereka kepentingan dan niat, dan mengekspos mereka untuk iklan yang unik cocok untuk perilaku mereka.

B2b E-Commerce: Efisiensi Dan Hubungan Baru

Sekitar 80 persen dari e-commerce B2B masih didasarkan pada sistem berbayar untuk pertukaran data elektronik (elektronik data interchange—EDI), yang memungkinkan pertukaran informasi komputer antara dua organisasi dari transaksi standar, seperti penagihan, surat jalan, jadwal pengiriman, atau pesanan pembelian.

Pengadaan (procurement) tidak hanya melibatkan pembelian barang dan bahan, tetapi juga mendapatkan sumber, bernegosiasi dengan pemasok, membayar barang, dan membuat perjanjian pengiriman.

Jaringan industri swasta (private industrial network) umumnya terdiri atas satu perusahaan besar yang menggunakan ekstranet untuk terhubung dengan pemasok dan mitra bisnis lainnya. Jaringan ini dimiliki oleh pembeli, dan dengan jaringan ini, perusahaan, pemasok, distributor, dan mitra bisnis penting lainnya yangtelah ditunjuk dapat saling berbagi rancangan dan pengembangan produk, pemasaran, penjadalan produksi, manajemen persediaan, dan komunikasi tidak terstruktur, termasuk gambar dan e-mail. Istilah lain jaringan industri swasta adalah pertukaran swasta (private exchange).

Ruang pasar Internet (net marketplace), yang terkadang disebut dengan e-hub, memberikan pasar digital tunggal yang didasarkan pada teknologi internet untuk banyak pembeli dan penjual yang berbeda.

Pertukaran (exchange) adalah ruang pasar Internet yang secara independen dimiliki oleh pihak ketiga, yang menghubungkan ribuan pemasok dan pembeli untuk aktivitas pembelian di tempat.

THE MOBILE DIGITAL PLATFORM DANMOBILE E–COMMERCE

Aplikasi Dan Layanan M-Commerce

Aplikasi m-commerce telah digunakan untuk layanan yang lebih mengutamakan ketepatan waktu, sebagai tuntutan orang-orang yang selalu berpindah, atau untuk menyelesaikan tugas dengan lebih efisien daripada menggunakan metode lain.

  • Layanan Berbasis Muatan dan Lokasi

Para pelanggan layanan nirkabel NTT DoCoMo di jepang dapat mengakses situs-situs web nirkabel untuk mendapatkan informasi mengenai jadwal kereta, jadwal film, panduan restoran, membeli tiket Japan Airlines, berdagang saham, melihat film kartun baru, dan membaca surat kabar terbesar di jepang.

  • Layanan Perbankan dan keuangan

Citibank menawarkan pemberitahuan nirkabel jika terjadi perubahan dalam informasi rekening melalui telepon selular digital yang mendukung pesan teks atau akses web.

  • Periklanan Nirkabel

Para penyedia layanan nirkabel di Amerika Serikat telah memulai memasang iklan di situs mereka.

  • Permainan dan Hiburan

Layanan telepon genggam menawarkan berbagai permainan digital yang dapat diunduh dan nada dering (ringtone), yaitu cuplikan lagu digital yang berbunyi di telepon genggam ketika seoprang pengguna menerima panggilan.

  1. MEMBANGUN WEBSITE E-COMMERCE

Pieces Of The Site-Bangunan Puzzle

Anda harus menyadari bidang utama anda, di mana anda akan perlu untuk membuat keputusan. Di depan organisasi dan sumber daya manusia, anda harus mempertemukan tim individu yang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk membangun dan mengelola sebuah situs e-commerce yang sukses. Tim ini akan membuat keputusan penting tentang teknologi, desain situs, dan kebijakan sosial dan informasi yang akan diterapkan di situs anda.

Tujuan Bisnis, Sistem Fungsionalitas, Dan Persyaratan Informasi

Dalam merencanakan situs Web anda, anda perlu tahu, “Apa yang kita inginkan dari situs e-commerce untuk melakukan bisnis kami? “Pelajaran penting yang harus dipelajari di sini adalah membiarkan keputusan bisnis mendorong teknologi, bukan sebaliknya. Ini akan memastikan bahwa platform teknologi anda sejajar dengan bisnis anda. bagaimana anda menerjemahkan strategi anda, model bisnis, dan ide-ide ke dalam bekerja e-commerce situs? Perencanaan anda harus mengidentifikasi tujuan bisnis yang spesifik untuk situs anda, dan kemudian mengembangkan daftar fungsi sistem dan kebutuhan informasi. Tujuan bisnis hanya kemampuan anda ingin situs anda untuk memiliki. Sistem fungsionalitas yang jenis kemampuan sistem informasi yang anda akan perlu mencapai tujuan bisnis anda. Kebutuhan informasi untuk sistem adalah elemen informasi bahwa sistem harus menghasilkan untuk mencapai tujuan bisnis.

Membangun Situs Web: In-House Vs Outsourcing

Ada banyak pilihan untuk membangun dan memelihara situs Web. banyak tergantung pada berapa banyak uang yang anda bersedia untuk menghabiskan. Pilihan berkisar dari Outsourcing pengembangan situs Web seluruh ke vendor eksternal untuk membangun segala sesuatu sendiri (in-house). Anda juga memiliki keputusan kedua untuk membuat: akan anda meng-host (mengoperasikan) situs di server perusahaan anda sendiri atau akan anda Outsource hosting untuk penyedia Web host? Ada beberapa vendor yang akan merancang, membangun, dan host situs anda, sementara yang lain akan baik membangun atau host (tapi tidak keduanya).

Harapan dari mata kuliah E commerce : adalah kita harus bisa membuat suatu website e-commerce. Dan dapat menggunakan e commerce untuk bisnis. Sehingga dapat menjadi kan e commerce sebagai alat bisnis untuk masa depan. Dan dapat memajukan bisnis.


Leave a Reply