Riska Sukmawati / 1401154423 / mb-38-08


Definisi
Menurut Kenneth C. Laundon ecommerce merupan penggunaan internet dan web dalam melakukan transaksi bisnis. Ecommerce mempermudah transaksi komersial antar organisasi dengan individu begitu pula sebaliknya.

7 fitur unik dari teknologi E-Commerce

  1. Ubiquity : teknologi internet ada dimana-mana. jadi dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

  2. Global Reach : teknologi luas dapat mencapai keseluruhan dunia tanpa terganggu batas batas.

  3. Universal Standards : dapat digunakan diperangkat berbeda karena satu standart yaitu intrrnet

  4. Richness : mendukung kontenvideo, audio, pesan teks bahkan secara bersamaan

  5. Interactivity : teknologi bekerja melalui interaksi dengan pengguna

  6. Information Density : teknologi informasi dapat mengurangi biaya operasional

  7. Personalization : memungkinkan pesan pribadi disampaikan kepada individu atau kelompok bahkan sebaliknya

Jenis E-Commerce

a. Busines to Busines (B2B)

b. Bussines to Consumer (B2C)

c. Consumer to Consumer (C2C)

d. Peer to Peer (P2P)

e. Mobile

Models Bisnis E-Commerce

Model bisnis adalah seperangkat kegiatan yang direncanakan (kadang-kadang disebut sebagai proses bisnis) yang dirancang untuk menghasilkan keuntungan di pasar. Ada 8 element agar bisnis berkembang (Ghosh, 1998):

a. Value proposition

b. Revenue model

c. Market opportunity

d. Competitive environment

e. Competitive advantage

f. Market strategy

g. Organizational Development

h. Management team

》Output yang diharapkan 《
Setelah belajar e commerce diharapkan mahasiswa mengetahui cara cara memasarkan produk yang baik dan benar juga dapat mencapai profit yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Menjadi pembisnis yang lebih berkualitas. Mengetahui cara memasarkan yang unik dan bagus agar dilihat para konsumen. Juga yang terakhir menjadi lebih berani dalam memasarkan produk.


Leave a Reply