Rangkuman bab 1 e-commerce introduction
Pengertian e-commerce adalah Transaksi komersial yang memungkinkan secara digital antara dan antar organisasi dan individu
Perbedaan e-commerce dan e-business
Proses transaksi yang melibatkan perusahaan sistem informasi dibawah kontrol. Ada yang berpendapat sama dan juga ada yang berpendapat bahwa e business dan e commerce itu berbeda.
Unique features e-commerce :
- Ubiquity yang artinya e-commerce itu ada dimana-mana , effectnya dari fitur ini adalah Marketplace dihapus dari temporal, lokasi geografis untuk menjadi “marketspace” serta kenyamanan pelanggan ditingkatkan dan biaya belanja dikurangi.
- Global reach , Teknologi ini sangat luas dan memungkinkan e-commerce cepat berkembang dan mendunia , effectnya memungkinkan perdagangan melintasi batas-batas budaya dan nasional
- Universal standart, memiliki standart yang universal sehingga memungkinkan komunikasi untuk lebih mudah
- Richness, memungkinkan untuk menggunakan fitur video maupun audio yang diintegrasikan dalam pesan pemasaran
- Interactivity, membuat pengguna lebih interaktif dengan konsumen melalui komunikasi dan dialog – dialog
- Information density, memuat informasi yang transparan serta dapat memuat informasi yg labih banyak
- Personalization, teknologi memodifikasi pesan untuk dikirim ke individu maupun kelompok
- Social teknologi, mempromosikan konten dan jaringan sosial
Type e-commerce
- B2b
- B2c
- C2c
- Social e-commerce
- Mobile e-commerce
- Local e-commerce
Harapan mengikuti perkuliahan e-commerce, untuk menumbuhkan jiwa dan keinginan memiliki bisnis online sendiri