Tugas Essay Fitur E-Commerce


Nama : Nimah Sakinah
NIM : 1401164266
Kelas : MB-40-11

E-Commerce merupakan kegiatan membeli dan menjual barang/jasa menggunakan internet. E-Commerce sendiri mempunyai 8 Fitur Unik, diantaranya :

  1. Ubiquity (Kenyamanan)
  2. Global Reach (Jangkauan Global)
  3. Universal Standards (TCP/IP)
  4. Richness (Kaya akan bentuk informasi)
  5. Interactivity (Mudah Berinteraksi dengan siapapun)
  6. Information Density (Kepadatan Informasi)
  7. Personalization / Customization (Sesuai dengan keinginan kita)
  8. Social Technology (Media Social)

Saya akan membahas tentang Ubiquity dan Social Technology

Fitur Ubiquity atau kenyamanan ini maksudnya adalah di dalam E-Commerce kita bisa melakukan kegiatan bisnis seperti membeli dan menjual barang secara online dimana pun dan kapan pun. Menurut saya fitur ini merupakan fitur yang paling utama, karena di zaman sekarang orang-orang ingin melakukan semua aktivitas nya secara mudah, praktis, dan efisien. Termasuk dalam melakukan jual dan beli. Seperti contoh saya mempunyai pengalaman dalam hal ini, suatu hari saya ingin membeli produk kecantikan tetapi produk kecantikan yang saya mau pabriknya ada di korea. Nah, dengan adanya E-Commerce saya bisa melakukan pembelian secara online melalui web resmi produk itu. Fitur Ubiquity inilah yang membuat saya nyaman karena saya bisa melakukan pembelian secara mudah dan praktis dimanapun dan kapan pun saya berada.

Fitur Ubiquity ini menurut saya berhubungan dengan Fitur Social Technolgy atau penyedia media sosial. Dengan adanya Fitur Media Social seperti Instagram, Facebook, Tokopedia, Buka Lapak, dll kita semakin bisa menemukan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan E-Commerce. Karena rata-rata pada zaman ini semua orang yang membuka usaha online, mereka membuat social media seperti yang saya sebutkan diatas. Dengan demikian akan semakin banyak kemudahan dan kenyamanan yang di dapatkan.


Leave a Reply