Tugas resume_fahmi akmal_1401150004_mb 38-08


  1. Pengertian E-Commerce
    E-Commerce merupakan penggunaan Internet dan Web dalam melakukan transaksi bisnis dan E-commercesecara digital mampu mempermudah transaksi komersial antar organisasi dan antara organisasi dengan individu.

  2. Perbedaan E-Commerce dan E-Business
    E-Commerce menggambarkan proses pembelian, penjualan, pemindahan, pelayanan atau pertukaran produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer termasuk juga Internet. Sedangkan E-Businessberkenaan dengan E-Commerce yang lebih luas lagi definisinya yaitu tidak hanya sekedar pembelian dan penjualan barang dan jasa namun juga pelayanan pelanggan, kerjasama antar business partner, pengadaan e-learning dan pengadaan transaksi elektronik antar suatu organisasi.

3.7 tujuh fitur unik dari teknologi E-Commerce
a. Ubiquity : teknologi internet ada dimana-mana : di tempat bekerja, rumah dan juga lewat telepon selular
b. Global Reach : teknologi luas tanpa batas mengelilingi dunia
c. Universal Standards : internet sebagai satu set standar teknologi
d. Richness : video, audio, pesan teks terintegrasi
e. Interactivity : teknologi bekerja melalui interaksi dengan pengguna
f. Information Density : teknologi informasi dapat mengurangi biaya untuk meningkatkan Kualitas
g. Personalization/ Customization : teknologi memungkinkan pesan pribadi disampaikan
kepada individu atau kelompok

  1. Jenis E-Commerce
    a. Busines to Busines (B2B)
    B2B dapat diartikan sebagai sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis. Bentuk dari B2B dapat berupa transaksi Inter-Organizational System (IOS), misalnya transaksi extranet dan electronic funds transfer.
    b. Bussines to Consumer (B2C)
    B2C merupakan transaksi ritel dengan pembeli individual. Selain itu B2C juga dapat berarti mekanisme toko online (electronic shoping mall) yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer.
    c. Consumer to Consumer (C2C)
    C2C merupakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Dapat diartikan pula saat seorang individu yang mengiklankan produk barang atau jasa, pengetahuan, maupun keahliannya di web.
    d. Peer to Peer (P2P)
    Pengguna internet bias saling berbagi file dan sumber daya computer
    e. Mobile Commerce (M-Commerce)
    Perangkat digital digunakan untuk melakukan transaksi di Web ,dan dihubungkan oleh personal digital assistant (PDA). M-Commerce banyakdigunakan di Jepang dan Eropa

Leave a Reply