22 March, 2017 02:20


Dimas Martian Dewangga (1401164552)
MB-40-11
JAWABAN UTS SIM 2017

    • Keunggulan operasional
      Co: walmart membuktikan perpaduan antara kekuatan sisfo dengan penerapan kebijakan organisasi yg brilian serta jajaran manajemen yang supportif mampu mewujudkan efisiensi kinerja operasional berkualitas dunia
      -produk, pelayanan, dan model bisnis baru
      Co: samsung membuat produk yang inovatif sesuai kebutuhan masyrakat saat ini, selain itu memberikan pelayanan secara baik termasuk pelayanan di dalam perangkat handphonenya sehingga masyarakat puas terhadap layanan yg diberikan samsung. Samsung melakukan model bisnis secara baik dan tepat waktu dan juga tepat sasaran.

– hubungan pelanggan-pemasok
Co: Hotel mandarin memperlihatkan contoh dari penggunaan teknologi dan sistem informasi untuk mencapai kedekatan dengan pelanggan
– meningkatkan proses pengambilan keputusan
Co: verizon corporation menggunakan layar penampil berbasis web digital untuk menyajikan informasi terbaru dan terperinci mengenai keluhan pelanggan, kinerja perusahaan pada tiap area yang dilayani, dan terputusnya saluran komunikasi atau kerusakan jaringan akibat badai.
– Peningkatan daya saing
Co: apple, walmart dan ups adalah pemimpin2 pangsa pasar industri, karena mereka tahu bagaimana cara menggunakan sistem informasi untuk mencapai tujuannya.
– mempertahankan eksistensinya
Co: citibank untuk pertama kalinya memperkenalkan ATM pada tahun 1977 di NY menarik pelanggan melalui pelayanan yang lebih baik, pesaingnya didesak untuk menyediakan ATM untuk tetap bersaing dgn citibank.

  1. -Hardware: mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.

– software: sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
– prosedur: sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehedaki.
– Manusia : semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem infor-masi.
Database: sekumpulan tabel, hubungan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
– Jaringan komputer dan komunikasi : sistem penghubung yang memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.

    • Sistem Manajemen Rantai Pasokan (SCM)
      Untuk mengelola hubungannya dengan pemasok

– Sistem Manajemen Hubungan pelanggan (CRM)
Untuk mengelola hubunan dengan pelanggan
– Sistem Manajemen Pengetahuan (KMS)
Memungkinkan perusahaan menerima dan mengaplikasikan pengetahuan dan keahlian secara lebih baik

  1. DSS adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
    ESS adalah sistem berbasis komputer yang interaktif, yang memungkinkan pihak eksekutif untuk mengakses data dan informasi, sehingga dapat dilakukan pengidentifikasian masalah, pengeksplorasian solusi, dan menjadi dasar dalam proses perencanaan yang sifatnya strategis.

Sehingga perbedaannya adalah jika DSS sistem informasi untuk pengambilan keputusan di perusahaan sedangkan ESS sistem informasi untuk pengambilan keputusan bagi pihak eksekutif di perusahaan.

  1. Teknik manajemen file tradisional membuat sulit bagi organisasi untuk melacak semua potongan data yang mereka gunakan secara sistematis dan untuk mengatur data ini sehingga mereka dapat dengan mudah diakses. Bidang fungsional yang berbeda dan kelompok diizinkan untuk mengembangkan file mereka sendiri secara mandiri. Lebih waktu, tradisional ini berkas

pengelolaan lingkungan menciptakan masalah seperti data redundansi dan inkonsistensi, Program-data yang ketergantungan, kaku, keamanan yang buruk, dan kurangnya data

berbagi dan ketersediaan. Database sistem manajemen (DBMS) memecahkan masalah ini

dengan perangkat lunak yang memungkinkan sentralisasi data dan data manajemen sehingga bisnis memiliki Tunggal konsisten sumber untuk semua data mereka membutuhkan. Meminimalkan penggunaan DBMS mubazir dan file tidak konsisten.

  1. Konvergensi adalah suatu (proses) penggabungan personal computing, telekomunikasi (telecommunications), dan televisi (televisions) kedalam suatu program teknologi. Contohnya, kita dapat menonton televisi, menyusun surat elektronik (by e-mail), dan mengirim pesan dalam bentuk teks dengan menggunakan telepon seluler kita. Jika kita mempunyai telepon seluler yang multi-fungsi seperti itu ataupun PDA, kita tidak perlu menggunakan komputer atau kita tidak lagi memerlukan saluran telepon , mesin fax, dan sebagainya.

  2. Ketika dihadapkan pada situasi yang tampaknya memunculkan isu etika,bagaimana sehatusnya anda menganalisis masalah ini? Proses lima langkah berikut dapat membantu.

  3. Identifikasi dan jelaskan faktanya dengan jelas.

  4. Didefinisikan konflik atau dilemanya dan identifikasi nilai-nilai luhur yang terlibat.

  5. Identifikasi pihak-pihak yang berkepentingannya.

  6. Identifikasi pilihan yang dapat anda ambil denagn beralasan.

  7. Identifikasi potensi konsekuensi dari pilihan anda.

  8. Primary Activity dalam Value Chain :

  • Inbound logistics : aktivitas yang berhubungan dengan penanganan material sebelum digunakan.

  • Operations : akivitas yang berhubungan dengan pengolahan input menjadi output.

  • Outbound logistics : aktivitas yang dilakukan untuk menyampaikan produk ke tangan konsumen.

  • Marketing and sales : aktivitas yang berhubungan dengan pengarahan konsumen agar tertarik untuk membeli produk.

  • Service : aktivitas yang mempertahankan atau meningkatkan nilai dari produk.
    TUGAS TAMBAHAN TANGGAL 22 MARET 2017

  1. Perkembangan Organisasi TI
    Pembangunan teknologi informasi perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem holistik atau menyeluruh selesai dibangun, hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan sumber daya yang dimiliki. Dalam penerapannya, rencana strategis teknologi informasi senantiasa di selaraskan dengan rencana perusahaan, agar setiap penerapan teknologi informasi dapat memberikan nilai bagi perusahaan.
    Departemen IT seringkali dipandang sebelah mata karena merupakan departemen yang hanya bisa menghabiskan uang tanpa bisa menghasilkan uang. Hal inilah yang kadang menadi problematika tersendiri bagi Departemen IT di perusahaan. Untuk dapat mengetahui andil Departemen IT di perusahaan adalah dengan mengetahui keuntungan-keuntungan penerapan teknologi IT di perusahaan tersebut, misalnya seperti:
    a) Manual menjadi otomatis, dan hal ini mengurangi biaya untuk tenaga kerja, alat tulis, dan lain-lain.
    b) Waktu mengerjakan yang lebih cepat dengan adanya IT.
    c) Pengambilan keputusan yang lebih cepat, karena dengan IT maka data yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat.
    d) Menghemat biaya promosi dan pemasaran.
    e) Sistem dapat terintegrasi di semua kantor atau perusahaan, dan hal ini dapat meningkatkan kecepatan dalam merespon sesuatu dan pihak manajemen akan dengan cepat mengetahui kondisi perusahaan.

  2. Apa yang dimaksud dengan business continuity plan?
    Business continuity planning, BCP) atau sebutan lainnya adalah disaster and recovery planning atau DRP), diciptakan untuk mencegah gangguan terhadap aktivitas bisnis normal. BCP dirancang untuk melindungi proses bisnis yang kritis dari kegagalan akibat dari bencana, yang dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan perusahaan dalam melakukan proses bisnis secara normal. BCP merupakan suatu strategi untuk memperkecil efek gangguan dan untuk memungkinkan proses bisnis terus berlangsung.

  3. Key Performance Indicator
    Key Performance Indicator (KPI) atau disebut juga sebagai Key Success Indicator (KSI) adalah satu set ukuran kuantitatif yang digunakan perusahaan atau industri untuk mengukur atau membandingkan kinerja dalam hal memenuhi tujuan strategis dan operasional mereka. KPI bervariasi antar perusahaan atau industri, tergantung pada prioritas atau kriteria kinerja


Leave a Reply