Chika Lebriani 1401154535 MB3805


E-commerce adalah lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersial terjadi diantara banyak organisasi dan individu. Pada umumnya, e-commerce berarti transaksi yang terjadi dalam internet dan web.

8 Fitur Unik E-Commerce:

  1. Ubiquity: E-commerce ada dimana-mana berarti e-commerce memang terdapat dimana saja dan kapan saja. E-commerce memungkinkan kita berbelanja dari komputer pribadi, dirumah, ditempat kerja atau bahkan dari kendaraan, dengan menggunakan mobile e-commerce. 2. Global reach- teknologi e-commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dari suatu sistem perdagangan yang tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk pedagang e-commerce secara kasar sama dengan ukuran populasi online dunia. 3. Universal: standar teknik universal dari internet dan e-commerce berpengaruh besar terhadap rendahnya biaya masuk pasar – biaya yg harus dikeluarkan oleh standar universal mengurangi biaya pencarian – usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang sesuai dengan keinginan mereka. 4. Information rich: dalam hal informasi, istilah kaya manfaat merujuk pada kompleksitas dan isi dari suatu pesan. 5. Interactive: interaktivitas memungkinkan seorang penjual online terlibat dengan pelanggan dengan cara yang sama seperti aktivitas tatap muka, tetapi dengan skala yang lebih besar dan global. 6. Information delnsity: kepadatan informasi – jumlah keseluruhan dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua peserta, pelanggan dan penjual dipasar. 7. Personalization : personalisasi adalah pedagang dapat mengarahkan pesan pemasarannya pada orang-orang tertentu dengan menyesuaikan pesannya sesuai nama, alamat,minat, dan pembelian orang dimasa lalu. Penyesuaian adalah mengubah barang atau jasa yang dijual sesuai dengan preferensi pengguna atau perilaku yang ia tunjukkan sebelumnya. 8. Sozial Technology : Teknologi ini mempromosikan pengguna generasi konten dan jaringan sosial. Efeknya internet sosial baru dan model bisnis memungkinkan pengguna pembuatan konten dan distribusi, dan mendukung jaringan sosial.

E-COMMERCE VS E-BUSINESS

E commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E business karena lebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary). Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb., tercakup. E business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja e commerce merupakan bagian takterpisahkan dari prosesebusiness, namun dalam kerangka terbatas, e commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.

TIPE E-COMMERCE yaitu Business-to-Business (B2B), Business-to-Consumer (B2C), Consumer-to-Consumer (C2C), Social e-commerce, Mobil e-commerce, Local e-commerce

Sejarah e commerce:

2001-2006 konsolidasi

2007-swkarang Reintion

Yang berkaitan dengan e commerce adalah teknologi, bisnis, dan keterkaitan sosial.

Apa yang saya dapat dari mata kuliah ini?
Lebih mengenal lebih jauh mengenai e commerce, terutama pada hal unik yang terdapat pada e commerce. Selain itu, cara dosen mengajar membuat saya lebih termotivasi untuk membuka bisnis online


Leave a Reply