Essay Futures E-Commerce


Nama : Andri Afrialdi Fauzi
NIM : 1401160065

E-Commerce merupakan proses penjualan dan pembelian yang memanfaatkan teknologi elektronik termasuk teknologi internet. E-Commerce memiliki 8 (delapan) fitur unik yaitu Ubiquity, Global Reach, Universal Standart, Richness, Interactivity, Information Density,Personalization/Customization, dan Sosial Technology.

1.Ubiquity :
Ubiquity ialah "dimana-mana" jadi customer mudah dengan mengakses e-commerce ini melalui handphone ataupun perangkat yang lainnya agar dapat diakses dimanapun, kapanpun, siapapun.

2.Global Reach :
Teknologi ini sangat luas dan memungkinkan e-commerce cepat berkembang dan mendunia , effectnya memungkinkan perdagangan melintasi kota sampai negara lain yang artinya World Shipping seperti Amazon dan eBay

3.Universal Standart :
Satu set standar teknologi : standar internet
Efeknya : Sistem komputer yang berbeda dengan mudah berkomunikasi satu sama lain
Masuk pasar lebih rendah “costs-costs” : pedagang harus membayar untuk membawa barang ke pasar
Pencarian konsumen lebih rendah “costs-effort” : upaya yang diperlukan untuk menemukan produk yang cocok.

4.Richness :
Fitur ini mendukung pesan video, audio, dan teks, effectnya memungkinan untuk konsumen lebih mengenal ke-detailan produk agar lebih pas dan cocok apa yang ingin ia beli.

5.Interactivity :
Teknologi ini bekerja melalui interaksi dengan pengguna, seperti chatting online bersama tokonya ataupun ada detail info contact personnya agar dapat dihubungi oleh telepon seluler

6.Information Density :
Peningkatan besar pada kepadatan informasi – total jumlah dan kualitasinformasi yang tersedia untuk semua pelaku pasar. Efeknya akan ebih besar harga transparansi, besar biaya transparansi
memungkinkan pedagang untuk terlibat dalam diskriminasi harga.

7.Personalization/Customization :
Teknologi memungkinkan modifikasi pesan, barang, effeknya memungkinkan pesan personalized dapat dikirim kepada individu maupun kelompok. Produk dan layanan dapat disesuaikan dengan preferensi individu dan dapat juga berupa COD cash on delivery yang memungkinkan tatap muka antara pembeli dan penjual

8.Sosial Technology :
Teknologi ini mempromosikan pengguna generasi konten dan jaringan sosial. Efeknya internet sosial baru dan model bisnis memungkinkan pengguna pembuatan konten distribusi dan mendukung jaringan sosial


Leave a Reply