Kelompok 5 MB 38-08


Abrar Fajar R (1401154186)
Azmi Azizah (1401150325)
Adimas Dwisetyo (1401154130)
Faris Fidyan (1401154199)
Nabila Zahra (1401150311)

1) Sudah proses pemasangan Google Analytics
2) Program Kerja Marketing Denim Jacket Custom

Abrar Fajar : mengerjakan E-mail marketing
Azmi Azizah : Social Media ; Line Account dan Facebook
Dimas Dwisetyo : Display ad Marketing
Faris Fidyan : mengerjakan SEO
Nabila Zahra : Social Media ; Instagram dan Twitter

3) Resume
Online Marketing Metrics adalah ukuran yang tujuan pemasaran tertentu. Laudon membagi metrik menjadi 2, yaitu yang fokus pada market share dan konversi pelanggan.

Ukuran yang fokus pada pencapaian market share adalah :
Impressions

Click-through rate (CTR)
View through rate (VTR)
Hits
Page view
Stickiness (duration)
Unique visitors
Loyalty
Reach
Recency

Sedangkan metrik yang fokus pada konersi pengunjung menjadi pelanggan adalah

Acquistion rate: persentase pengunjung yang berminat terhadap produk
Conversion rate: persentase dari jumlah pengunjung yang benar-benar melakukan pembelian
Browse to buy ratio: menghitung jumlah pembelian yang telah di liat
View to cart ratio: mmenghitung jumlah ratio pengklikan ad to cart dari barang yg telah di liat
Cart conversion rate: menghitung jumlah ratio pembelian dari ad to cart
Checkout conversion rate: menghitung jumlah pembelian sampai ke tahap check out
Abandonment rate: menghitung persentase pembeli yg sudah masuk ke tahap ad to cart tapi gagal melakukan pembelian dan meninggalkan web
Retetion rate: menghitung jumlah konsumen yan ada yang melakukan pembelian ulang
Attrition rate menghitung persentasi pelanggan yang telah membeli dan tidak kembali ke web selama satu tahun

Online Marketing Metric, cont
Social marketing:

Conversation ratio
Applause ratio
Amplification
Sentiment ratio

E-mail metrics:

Open rate
Delivery rate
Click-through rate (e-mail)
Bounce-back rate

Kesimpulan:
Metrik yang paling berpengaruh besar terhadap bisnis kami yaitu online shop (revenue model = sales dan advertising) adalah :

  1. Loyalty, yaitu persentase kesetiaan pengunjung yang kembali dalam setahun
  2. Stickiness, berapa lama pengunjung berada di situs web
  3. Unique visitors, ukuran popularitas situa web yang paling banyak digunakan
  4. Recency, kekuatan situs web untuk menarik pangsa pasar yang luas
  5. VTR, mengukur tingkat respon 30 hari setelah melihat iklan

Leave a Reply