1401154128, Mukti Bawono Wicaksono, MB-38-02


Ecommerce adalah proses transaksi jual beli tanpa melibatkan kegiatan internal perusahaan seperti kegiatan supply chain dan crm. Merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnyan

Kegunaan internet:
– Informasi yang murah, gampang, melimpah, cepat serta aktual.
– Media komunikasi.
– Media Bisnis.
– Pertukaran Data.
– Perpustakaan raksasa.

FITUR UNIK
1. Ubiquity: yang artinya e-commerce itu ada dimana-mana, web yang tersedia dan dapat diakses dimanapun
2. Global Reach: ecommerce yang berkembang effectnya memungkinkan perdagangan melintasi batas-batas budaya dan nasional, menuju marketplace yang berpotensi, menjangkau miliaran konsumen dan jutaan bisnis di seluruh dunia
3. Universal Standart: Sistem komputer yang berbeda dengan mudah berkomunikasi satu sama lain
4. Information Richness: Fitur ini mendukung pesan video, audio, dan teks, effectnya memungkinan untuk menyampaikan pesan kseperti teks, audio, dan video secara bersamaan untuk banyak orang.
5. Interactivity: bekerja melalui interaksi dengan pengguna effectnya konsumen terlibat dalam dialog, konsumen menjadi co-participant dalam proses penyampaian barang ke pasar
6. Information Density: Peningkatan besar pada kepadatan informasi – total jumlah dan kualitasinformasi yang tersedia untuk semua pelaku pasar.
7. Personalization/Customization: eknologi memungkinkan modifikasi pesan, barang, effeknya memungkinkan pesan personalized dapat dikirim kepada individu maupun kelompok.
8. Sosial Technology: Teknologi ini mempromosikan pengguna generasi konten dan jaringan sosial.

ECOMMERCE TYPES
market relationship:
– Business – to – business (B2B): transaksi yang dilakukan secara elektronik maupun fisik dan terjadi antara entitas bisnis satu ke bisnis lainnya.
– Business – to – consumer (B2C): bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung.
– Consumer – to – consumer (C2C): Pada tipe ini seorang konsumen menjual secara langsung kepada konsumen lainnya

technology:
– Social ecommerce: adalah bagian dari electronic commerce (e-commerce) yang melibatkan penggunaan social media, media online yang mendukung interaksi sosial dan kontribusi user, dalam membantu proses pembelian barang/jasa secara online.
– Mobile ecommerce: sistem perdagangan elektronik (e-Commerce) dengan menggunakan peralatan portabel/mobile seperti: telepon genggam, telepon pintar, PDA, notebook, dan lain lain.
– Local ecommerce: bagaimana cara konsumen menggunakan online and mobile technologies untuk membantu mencari, berinteraksi, dan melakukan kegiatan membelo dari merchant lokal.

ORIGIN & GROWTH
Precursors:
– Baxter Healthcare
– Electronic Data Interchange (EDI)
– Militer perancis (1980s videotex system) tidak memiliki fungsi internet

1995: Beginning of e-commerce
– Iklan (banner) pertama pada website
– E commerce berkembang cepat pada perdagangan di amerika serikat

1995–2000: Invention
– Key concepts developed
– bandwidth dan media yang terbatas
– Euphoric visions of
– Friction-free commerce
– Menurunkan biaya pencarian, disintermediasi, transparansi harga, penghapusan keunggulan kompetitif yang tidak adil
– First-mover advantages
– Network profits
– Dot-com crash of 2000

Consolidation
– Emphasis on business-driven approach (pendekatan berbasis bisnis)
– perusahaan besar Tradisional memperluas perusahaannya
– Start-up financing shrinks up
– Lebih banyak produk dan jasa yang terjual
– Pertumbuhan iklan pada search engine
– kehadiran Bisnis Web diperluas untuk mencakup e-mail, display dan iklan pencarian, dan fitur umpan balik masyarakat yang terbatas

Reinvention
– Pertumbuhan dari:
– Online social networks
– Mobile platform
– Perdagangan Lokal
– Entertainment content berkembang sebagai sumber pendapatan
– Transformasi Pemasaran pemasaran sosial, mobile, platform lokal
– Analytic technologies

ORGANIZING THEME
– Technology: Pengembangan dan penguasaan komputasi dan komunikasi digital teknologi
– Business: Teknologi bisnis baru hadir dengan cara-cara baru
– Society: Kekayaan intelektual, privasi individu, kebijakan kesejahteraan masyarakat

ACADEMIC DISCIPLINES
-Technical approach / pendekatan teknis
– Ilmu Komputasi
– Ilmu Manajemen
– Sistem Informasi

Behavioral approach / pendekatan perilaku
– Sistem informasi
– Ekonomi
– Pemasaran
– Manajemen
– Keuangan / akuntansi
-Sosiologi

output yang diharapkan dari mata kuliah ini adalah mengerti pembahasan dan cara dalam mengoperasikan ecommerce guna kepentingan bisnis dimasa depan


Leave a Reply