Kelompok 8 : Perbaikan


Progress Web:
www.momentimeid.com sudah fix.
Instagram: @imomentime
Line@ : @oix0925s

V A L U E P R O P O R T I O N

BEFORE

A) Melayani customize design
B) Waktu pengerjaan cepat C)Kualitas produk yang bagus
D) Pengemasan bervariasi tergantung permintaan pelanggan

Value proportion AFTER

A) Melayani customize design sesuai dengan permintaan konsumen.
B) Waktu pengerjaan kami mengestimasikan 7hari paling lama tergantung tingkat kerumitan desain. C) Kualitas produk yang kami gunakan sangat bagus sehingga tidak gampang rusak ataupun hancur.
D) Pengemasan bervariasi tergantung permintaan pelanggan.

C O M P E T I T I V E A D V A N T A G E S

• Before :
Adalah keuntungan kompetitif/keunggulan bersaing sebuah perusahaan. Dalam hal ini, Momentime memiliki keunggulan bersaing yaitu diferensiasi. Hal tersebut dikarenakan Momentime tidak hanya fokus pada 1 produk saja, melainkan mempunyai banyak produk yang unik lainnya. Kemudian, dalam keunggulan bersaing diferensiasi terdapat karakteristik yang diantaranya adalah inovasi dan layanan pelanggan. Dalam hal inovasi, Momentime selalu menambah model produk, dan memperbarui design-design nya secara konsisten agar produk tetap limited edition. Begitupun layanan pelanggan, dimana konsumen dapat mengkostumisasi produk yang dimau. Jadi, Mometime dapat memperoleh konsumen dari keunggulan bersaing tersebut.
Competitive Environment
Merupakan lingkungan yang lebih kecil yang mencakup organisasi khusus yang berinteraksi dengan perusahaan.
a. Persaingan antara kompetitor
Dalam dunia bisnis, pasti ada competitor. Maka dari itu, Momentime mengatasi persaingan antar kompetitornya dengan mengidentifikasi pesaing dan mempelajari bagaimana cara mereka bersaing.
b. Ancaman pendatang baru
Cara Momentime mengatasi ancaman pendatang baru adalah dengan terus berinovasi seperti selalu memperbarui kemasan packaging produk, menambah model produk, dan memperbarui design-design nya secara konsisten agar produk tetap limited edition.
c. Produk pengganti
Untuk poin ini, Momentime selalu mengantisipasi kondisi bisnis di masa yang akan datang. Maka, Momentime mengatasi masalah ini dengan tidak fokus kepada 1 jenis produk saja, melainkan berkecimpung dengan jenis produk lainnya seperti digital art dan handcraft yang sedang trend.
d. Kekuatan Supplier
Momentime memilih pemasok yang berkualitas bagus agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.
e. Kekuatan Konsumen
Dalam hal ini, Momentime menggunakan strategi CRM (Customer Relationship Management) dimana hal tersebut akan membuat konsumen tetap loyal dan dapat membuat konsumen membeli produk dalam jumlah banyak.

• After :
Competitive Advantage

Adalah keuntungan kompetitif/keunggulan bersaing sebuah perusahaan. Momentime memiliki keunggulan bersaing yaitu Cost Leadership, karena harga yang dipakai Momentime untuk menjual produk lebih terjangkau dibandingkan kompetitor, yaitu PopupFrame. Kemudian, Momentime juga unggul pada inovasi dan layanan pelanggan. Dalam hal inovasi, Momentime selalu menambah model produk, dan memperbarui design-design nya secara konsisten agar produk tetap limited edition. Begitupun layanan pelanggan, dimana konsumen dapat mengkostumisasi produk yang diinginkan. Jadi, Mometime dapat memperoleh konsumen dari keunggulan bersaing tersebut.

C O M P E T I T I V E E N V I R O N M E N T

Kompetitor dari Momentime adah Popup Frame (www.popupframeid.com)

5 Porter Forces dari Momentime adalah :
a. Persaingan antara kompetitor
Dalam dunia bisnis, pasti ada competitor. Maka dari itu, Momentime mengatasi persaingan antar kompetitornya dengan mengidentifikasi pesaing dan mempelajari bagaimana cara mereka bersaing.

b. Ancaman pendatang baru
Cara Momentime mengatasi ancaman pendatang baru adalah dengan terus berinovasi seperti selalu memperbarui kemasan packaging produk, menambah model produk, dan memperbarui design-design nya secara konsisten agar produk tetap limited edition.

c. Produk pengganti
Untuk poin ini, Momentime selalu mengantisipasi kondisi bisnis di masa yang akan datang. Maka, Momentime mengatasi masalah ini dengan tidak fokus kepada 1 jenis produk saja, melainkan berkecimpung dengan jenis produk lainnya seperti digital art dan handcraft yang sedang trend.

d. Kekuatan Supplier
Momentime memilih pemasok yang berkualitas bagus agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

e. Kekuatan Konsumen
Dalam hal ini, Momentime menggunakan strategi CRM (Customer Relationship Management) dimana hal tersebut akan membuat konsumen tetap loyal dan dapat membuat konsumen membeli produk dalam jumlah banyak.

M A R K E T O P P O R T U N I T I E S

Before

  1. Belum banyak pesaing yang serius mengembangkan bisnis di bidang paper craft, terutama di wilayah Bandung.

  2. Cukup terjangkaunya harga produk bagi kalangan pelajar/mahasiswa

  3. Banyaknya permintaan dekorasi & kado perayaan momen istimewa yang dibalut dengan kreatifitas dan keunikan.

After

  1. Belum banyak pesaing yang serius mengembangkan bisnis di bidang paper craft, terutama di wilayah Bandung. Melalui pencarian di instagram, hashtag (#)popupframe hanya terdapat 632 public post. Jika dibandingkan dengan data BPS tahun 2015, jumlah penduduk Kota Bandung mencapai 2.481.469 dan 60%nya (1.704.881) adalah pemuda di bawah 40 tahun. Jadi, angka hasil pencarian tersebut masih terbilang cukup sedikit jika target marketnya adalah pemuda yang berada di Bandung.

  2. Cukup terjangkaunya harga produk bagi kalangan pelajar/mahasiswa. Selisih harga jual produk persaing mencapai Rp. 50,000 (dibandingkan dengan @popupframeid

  3. Banyaknya permintaan dekorasi & kado perayaan momen istimewa yang dibalut dengan kreatifitas dan keunikan. Pencarian keyword "Pop Up Frame" di Google Trends mencapai angka 100 untuk Indonesia, dan secara regional, Jawa Timur mencapai angka 100 dan Jawa Barat mencapai angka 97. Artinya jumlah pencarian di Jawa Barat cukup banyak.

M A R K E T I N G S T R A T E G Y

Word of Mouth
Bagi konsumen yang merekomendasikan produk Momentime pada kerabatnya, sang kerabat akan mendapatkan diskon sebesar 10% dan konsumen yang merekomendasi akan mendapat cashback sebesar 5%

The Power of Web Commerce & Social Media
Kami akan menggencarkan promosi di website dan media sosial milik kami juga iklan melalui paid promote lewat akun-akun yang memiliki banyak pengikut.

O R G A N I Z A T I O N A L D E V E L O P M E N T
Before :
Perusahaan dibagi menjadi 4 bagian yaitu : marketing division, production division, sales division, dan financial division

After : rencana pengembangan organisasi untuk kedepannya adalah dari bagian-bagian yang sudah ada sekarang akan menjadi bagian yang terfokus menjadi produksi tim perproduk. Sehingga perusahaan akan beradaptasi seiring perkembangan permintaan


Leave a Reply