Tugas konten dan ekosistem MB 38 05 Tazkiya Laras 1401150313


Tugas konten dan ekosistem MB 38 05 Tazkiya Laras 1401150313

TEORI

Video online sangat jelas menjadi salah satu dari metode marketing terbaik yang pernah ada, karena anda tidak perlu menjadi superstar untuk membuat konten marketing yang menghibur dan menarik, anda bahkan tidak perlu memerlukan budget yang sangat tinggi. (Rebecca Lieb, 2011)

Rebecca lieb telah melakukan penelitian ke berbagai perusahaan ternama, dan menemukan fakta bahwa video konten telah meningkatkan omzet dari perusahaan tersebut. Sebut saja Dickson’s Blender yang penjualannya meningkat sebanyak 700% karena memngunggah video yang menghibur menggunakan blendernya dan menunjukan kekuatan blendernya (blender sepatu, blender baju) sehingga menghibur tapi di sisi lain mengungkapkan betapa hebatnya produk tersebut.

ANALISIS

Konten berupa video sangat menunjang marketing suatu perusahaan, kelebihan dari konten berupa video adalah lebih menghibur, memberikan gambaran jelas kepada penonton sehingga tertarik dengan produk perusahaan tersebut. Saya ambil contoh dari perusahaan Acuvue. Acuvue merupakan anak perusahaan dari johnson & johnson. Acuvue menjual produk kontak lensa untuk membantu penglihatan mata yang minus atau silindris. Di dalam youtube channelnya, acuvue memberikan tips cara memakai dan melepas softlens, cara meminta izin orang tua untuk memakai softlens, sampai pendapat dokter mata tentang betapa amannya softlens merek acuvue, sehingga penjualan acuvue meningkat dan barangnya diperjual belikan secara worldwide sehingga meningkatkan penjualan. Tidak lupa mereka memakai brand images anak muda yang aktif berpetualan karena tidak perlu memakai kacamata lagi. Video konten marketing merupakan salah satu marketing terbaik yang dapat diterapkan suatu perusahaan.

Reference:

Liem, Rebecca (2011) Content Marketing: Think like a publisher. Indiana Polis, USA. Que Company.

Best regards, Tazkiya Laras P. E.


Leave a Reply